Ini Cara Merawat Pakaian yang Terbuat Dari Kain Poliester



MOMSMONEY.ID - Ini cara merawat pakaian Anda yang terbuat dari bahan kain poliester supaya awet!

Poliester umumnya ditemukan dalam beberapa jenis pakaian, mulai dari blus hingga kostum tertentu. Namun, poliester memiliki beberapa kelemahan, seperti mudah menyusut saat dikeringkan. 

Baca Juga: Daya Beli Kelas Menengah Melamban, Tapi Pengeluaran Makan di Luar Tetap Berjalan


Melansir The Spruce, poliester adalah kain sintetis yang seratnya hampir ada di setiap kain seperti kain tule tipis hingga kain pelapis dan karpet tebal. Ini adalah jenis kain berbahan dasar minyak yang tidak dapat menyerap noda berbasis air tetapi dapat menyerap noda berminyak termasuk minyak tubuh yang dapat menyerap bau. 

Apakah poliester menyusut saat dikeringkan dengan mesin pengering?

Kain poliester dapat menyusut di mesi pengering jika Anda menggunakan siklus suhu tinggi dan mengeringkan kain terlalu lama. Maka untuk mengeringkan jenis kain poliester sebaiknya gunakan metode pengeringan udara.

Kain berbahan poliester menyusut karena beberapa faktor. Mulai dari jumlah serat poliester yang ada pada kain dan cara Anda mencuci dan mengeringkannya. 

Panas

Poliester tidak stabil saat terkena panas karena bahan kimia yang digunakan selama proses produksi. Dibuat dengan banyak rantai polimer berbasis minyak yang tahan terhadap penyerapan air. rantai ini akan meregang saat terkena panas. Saat mendingin rantai tidak akan kembali ke bentuk semula dan akan menyusut. 

Baca Juga: Apa itu Jam Koma? Istilah yang Ramai Digunakan oleh Gen Z

Kualitas kain

Kualitas kain poliester sangat bervariasi. Kualitas yang rendah sering kali lebih rentan terhadap penyusutan. Poliester yang berkualitas rendah memiliki tekstur yang kasar. Serta biasanya lebih transparan. 

Kualitas jahitan

Kain poliester yang dibuat dengan jahitan yang buruk memiliki persentasi penyusutan yang lebih tinggi. Selain itu jahitan yang buruk membuat kain lebih mudah robek. 

Kombinasi serat

Poliester sering dipadukan dengan katun agar kain lebih tahan kusut. Namun masih bisa menyusut jika terkena panas tinggi. Sehingga semakin tinggi penggunaan poliester akan semakin mudah menyusut.

Baca Juga: 4 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Minum Kopi, Awas GERD!

Cara merawat kain poliester

Anda sebaikinya memisahkan cucian kain poliester dengan kain lainnya. Gunakan deterjen khusus berbasis enzim untuk mencucinya. 

Kemudian hilangkan noda sebelum mencucinya. Lakukan menggunakan penghilang noda berbasis ennzim selama 15 menit sebelum dicuci. Ini sangat penting untuk menghilangkan noda berminyak. Kemudian jika Anda mengeringkan dengan mesin, keluarkan saat masih lembab dan gantung untuk diangin-anginkan. Setelah itu kain poliester tidak perlu disetrika. 

Tonton: Pemilik Mobil Tesla Membagikan Tagihan Listriknya, Membuat Terkejut dengan Biayanya

Selanjutnya: Global Markets-Stocks Fall, Gold Retreats from Record Peak Amid US Election Worries

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta