Ini Cara Mulai Hemat saat Masih Menyusui Bayi



MOMSMONEY.ID - Anda bisa lo mulai hemat saat masih menyusui bayi dan menyimpan uang untuk kebutuhannya di masa depan. Yuk, simak caranya di sini.

Saat masa menyusui bayi, apalagi dengan memberikan ASI Anda bisa berhemat sangat banyak. Anda tidak perlu membeli susu formula yang cukup mahal.

Nah selain menghemat soal pemberian susu, Anda juga bisa melakukan hal lain. Melansir Parents, berikut cara hemat saat masih menyusui bayi dan simpan uang Anda untuk kebutuhan yang lebih mendesak:


Baca Juga: Cara Aman Menghilangkan Bekas Lipatan pada Sepatu, Mudah lo

Pinjam pompa ASI

Anda bisa menanyakan kepada teman Anda yang memiliki anak kecil dengan usia yang sedikit lebih tua dari anak Anda atau berusia lebih dari dua tahun. Tanyakan, apakah mereka memiliki pompa ASI san bolehkah Anda meminjamnya. 

Membeli pompa ASI bekas

Ada banyak ibu yang sudah membeli pompa ASI namun tidak menggunakannya. Jika cukup jeli mencarinya, Anda akan mendapatkan pompa ASI seperti baru yang bisa Anda gunakan. Tentu, ini jauh lebih hemat dari pada membeli baru. 

Baca Juga: 4 Kesalahan Pakai Serum Niacinamide yang Paling Sering Terjadi, Segera Perbaiki!

Jangan buru-buru membeli baju menyusui

Saat Anda menyusui, bra menyusui adalah satu-satunya barang yang peru Anda susui. Selain itu, baju hamil atau baju biasa Anda bisa berfungsi ganda sebagai baju menyusui.

Anda bisa memilih atasan Anda yang longgar atau kemeja berkancing. Gunakan syal atau kain tipis untik menutupi payudara saat sedang menyusui di ruang terbuka. 

Hindari membeli pakaian jauh-jauh hari

Bayi memiliki masa pertumbuhan yang cepat. Membeli pakaian jauh-jauh hari berpotensi baju tidak muat dan Anda membuang dengan sia-sia. Beli saat anak Anda mengalami pertumbuhan dan membutuhkan baju baru. 

Tidak perlu beli baju bermerek

Bayi bisa saja muntah dan ngompol mengenai pakaian bermereknya. Setelah kena muntahan dan pipis bayi, baju mahal itu akan menjadi baju biasa. Oleh karena itu cukup beli baju biasa yang kainnya sudah terverfikasi aman untuk kulit bayi.

Sedangkan untuk kaos dalam, baju serba guna dan kaos kaki belilah yang berwarna putih polos. Saat kotor, Anda dapat memutihkannya dengan lebih praktis dan murah. 

Baca Juga: Coba Gunakan Kombinasi Skincare Ini supaya Hasil Maksimal

Hindari beli sepatu

Saat ini banyak model sepatu bayi yang bagus. Namun bayi tidak akan berdiri dalam waktu dekat dan akan belajar berjalan lebih cepat saat mereka tidak menggunakan alas kaki. Ditambah lagi, sepatu bayi biasanya mudah lepas. 

Sehingga, membeli sepatu bukan hal yang urgent. Anda bisa menggunakan kaos kaki tebal atau sepatu kain lembut sebagai penggantinya karena juga memiliki harga yang lebih murah. 

Pilih membeli peralatan bekas

Tanyakan kepada teman, tetangga atau siapapun yang Anda kenal yang juga memiliki anak yang lebih tua dari anak Anda tentang barang-barang bekas anak mereka. Biasanya, mereka memiliki pakaian bayi yang sudah tidak terpakai bahkan mungkin sepatu bayi. 

Beli peralatan tersebut dari mereka. Anda bisa menghemat sekaligus membantu mereka mengurangi kelebihan barang yang menumpuk di rumah. 

Baca Juga: Begini Cara Menghapus Maskara Waterproof Secara Alami

Lakukan riset saat membeli perlengkapan bayi

Anda bisa mulai dengan mengukur lingkar dada dan panjang tubuh bayi sebelum membeli pakaian untuk mereka. Tanyakan juga kepada sekitar Anda apakah suatu barang bayi worth it untuk dibeli, misalkan, stroller apa yang paling murah namun paling berfungsi, apakah baby walker perlu untuk dibeli?

Membuat daftar kebutuhan bayi

Setelah bayi Anda lahir, biasanya kerabat-kerabat akan memberikan hadiah perlengkapan bayi. Untuk menghindari mendapatkan barang yang sama atau tidak Anda butuhkan, buatlah daftar peralatan kebutuhan bayi.

Bagikan daftar itu kepada mereka agar mereka tidak bingung harus membelikan apa. Jika sudah menerima hadiahnya, hapus nama barang tersebut dari daftar. 

Selanjutnya: Belanja Perpajakan Perlu Dievaluasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta