Ini Daftar Area & Benda di Rumah yang Wajib Anda Bersihkan



MOMSMONEY.ID - Yuk bersihkan 12 area di rumah ini yang mungkin lupa Anda bersihkan demi rumah yang sehat! Bersihkan minimal satu bulan sekali ya Moms!

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari pulang ke rumah dan menjatuhkan badan ke kasur yang bersih. Selain itu, rumah yang bebas debu juga membuat suasana hati jadi lebih baik serta udara yang dihirup jadi lebih murni. 

Baca Juga: Promo Indomaret Minyak Murah Periode 8-14 Agustus 2024, Ada Bimoli hingga Fortune


Jadi, jika Anda mencari cara untuk membuat rumah yang lebih sehat dan suasana hati yang lebih baik, ini ada daftar 12 area yang mungkin lupa Anda bersihkan dan harus segera Anda bersihkan. 

Melansir Homes to Love, 12 area ini wajib Anda bersihkan minimal satu bulan sekali

Langit-langit Area ini adalah area yang sulit dijangkau sehingga sering lupa dibersihkan. Tapi sekarang coba lihatlah ke atas, apakah di langit-langit Anda mulai ada debi dan sarang laba-laba? Jika Anda, segera bersihkan. 

Bersihkan kipas dan lampu langit-langit Saat Anda membersihkan langit-langit, coba sekaligus bersihkan lampu dan kipas angin jika ada. Gunakan kaus kaki tua yang sudah sedikit dibasahi. Ambil semua ngengat, lalat dan serangga lain yan terperangkap. 

Baca Juga: Promo Hypermart Beli Banyak Lebih Hemat 9-15 Agustus 2024, Minuman Beli 2 Lebih Murah

Bersihkan bagian bawah rak dan belakang pintu kabinet Ada beberapa tempat yang sempit dan sulit dijangkau sehingga sering lupa dibersihkan. Ini termasuk area di bawah rak dan belakang pintu kabinet. Gunakan spons basah dan bersihkan area tersebut minimal satu bulan sekali.

Pipa wastafel Pipa ini adalah benda yang juga sering tertutup debu dan kotoran. Maka ada baknya segera bersihkan pipa-pipa ini. 

Segarkan saluran air Anda Anda mungkin secara tidak sengaja membuat sisa makanan dan rambut yang rontok masuk ke saluran pembuangan air. Jika tidak segera Anda bersihkan, saluran bisa mampet. Oleh karena ini segera bersihkan dengan secangkir soda bicarb, secangkir cuka dan dua liter air panas. Tuang campuran tersebut ke pipa yang ingin Anda bersihkan.

Bersihkan lemari pakaian Meski sering Anda gunakan, lemari pakaian juga bisa jadi area yang berdebu. Maka gunakan vacuum cleaner dan bersihkan lemari pakaian. 

Bersihkan lemari es Anda Setiap beberapa minggu, periksa isi lemari es Anda. Buang sisa atau bahan makananyangsudah mulai membusuk. Kosongkan lemari es dan cuci dengan air sabun. 

Baca Juga: 6 Makanan bagi Penderita Diabetes Supaya Tidak Lemas, Bantu Tambah Energi

Cuci tempat sampah Bilas bersih tempat sampah setidaknya sebulan sekali. Namun idealnya tempat sampah dibersihkan setiap dua minggu sekali. Bilas bersih dan biarkan mengering sepenuhnya sebelum mengembalikannya. 

Bersihkan peralatan mencuci Anda Sikat, spons dan alat pel yang bertugas membersihkan rumah Anda berarti menyimpan banyak kotoran. Sayangnya, ini termasuk benda yang sering lupa dibersihkan. 

Sesekali disinfektan peralatan cuci Anda. Cukup dengan rendam spons dan alat-alat lain dengan air mendidih. 

Bersihkan ventilasi AC Anda Area atau benda yang juga sering lupa dibersihkan adalah ventilasi AC. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan vetilasi AC.

Bersihkan jendela Anda mungkin jarang memperhatikan saat jendela telah menumpuk banyak kotoran. Namun setelah membersihkannya, Anda akan menyadari betapa tebal debu di jendela tersebut. Gunakan kain serta mikro atau koran tua jika ada untuk membersihkan jendela.

Bersihkan kasur Anda Benda besar ini juga sering lupa dibersihkan karena dimensi dan bobotnya. Namun Anda harus sering menjemur dan mencucinya jka perlu. Jemur kasur Anda untuk menghilangkan bau, membunuh bakteri dan menghentikan jamur atau alergen.

Itu tadi 12 area atau benda di rumah yang wajib Anda bersihkan. Yuk masukkan dalam daftar bersih-bersih rumah satu bulan sekali!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta