Ini Daftar Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci Piring, Hati-hati!



MOMSMONEY.ID - Jika Anda menggunakan mesin cuci piring di rumah, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan melakukan kesalahan ini ya Moms!

Menggunakan mesin cuci piring bisa membuat pekerjaan rumah jadi cepat selesai. Namun mesin cuci piring memiliki permasalahannya sendiri dan penting untuk menggunakannya dengan tepat. Sehingga mesin cuci piring bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Melansir Real Simple, ini beberapa kesalahan umum saat menggunakan mesin cuci piring.


Baca Juga: Ini Lo Cara Tepat Mencuci Bantal dengan Mesin Cuci

Pra-pembilasan piring Ada dua tipe orang saat mencuci piring yaitu melakukan pra-pembilasan dan tidak. Nah, Anda seharusnya tidak melakukan pra-pembilasan piring. Menurut intruksi pabrik mesin cuci modern, piring tidak boleh dibilas sebelum dimasukan ke mesin cuci piring. 

Mesin yang efisien, dikombinasikan dengan deterjen pencuci piring yang baik, sebenarnya bekerja lebih baik dengan sedikit minyak. Langsung saja masukkan piring dan gelas kotor ke dalam mesin cuci piring. Namun, hilangkan dulu sisa makanan dan saus berlebih. 

Mencuci peralatan yang tidak seharusnya Tidak semua peralatan dibuat untuk bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring. Plastik, melamin, porselen dan krital tidak aman untuk dicuci dengan mesin pencuci piring. 

Memilih rak yang salah Jika Anda tidak yakin di mana harus meletakan peralatan di mesin pencuci piring, lihat instruksi pabrik. Untuk tempat makan plastik, gelas, mug, mangkuk kecil dan pisau diletakan di rak atas. Piring dan mangkuk besar harus berada di rak bawah.

Baca Juga: Simak Cara Menambahkan Cuka Putih di Mesin Cuci

Salah meletakan peralatan Sebaiknya letakan peralatan menghadap Anda sehingga Anda tahu apakah piring benar-benar bersih. Menata rapi peralatan Anda juga membuat mesin cuci piring tidak penuh sesak. Selain itu, bagian pegangan peralatan harus menghadap atas. 

Menggunakan terlalu banyak deterjen Jika memiliki banyak piring kotor setelah acara makan keluarga, Anda akan berpikiran piring membutuhkan banyak deterjen. Tapi, ini tidak akan membuat piring bersih. Justru ini akan membuat residu sabun berlebihan pada piring. Lebih buruknya lagi, busa bisa meluap di dalam mesin dan berpotensi merusak mesin. 

Tidak membersihkan mesin pencuci piring Anda harus melihat mesin pencuci piring secara reguler. Apakah filter mesin pencuci piring kotor, apakah ada sisa makanan di dalam mesin pencuci piring. Jika tidak dibersihkan, maka ini akan membuat piring justru jadi kotor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta