Ini dampak akuisisi Pinehill bagi Indofood CBP (ICBP)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) meneken perjanjian dengan Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake. Transaksi yang ditandatangani pada Jumat (22/5) tersebut bernilai US$ 2,99 miliar atau setara dengan Rp 44,25 triliun (dengan kurs Rp 14.800 per dolar Amerika Serikat).

ICBP akan membayar akuisisi sebesar US$ 300 juta dengan dana kas internal yang dihasilkan dari kegiatan usaha. Sisanya, akan dibiayai dari fasilitas pinjaman dari lembaga perbankan.

Melansir keterbukaan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A. Putro mengatakan akuisisi ini dilakukan mengingat Pinehill Company yang dimiliki oleh Pinehill Corpora dan Steele Lake memiliki lini bisnis yang sama dengan ICBP. Pinehill Company juga memiliki pasar yang kuat di delapan negara yang tersebar di tiga wilayah, yakni Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.


Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) hargai Pinehill US$ 3 miliar, ini rincian kinerja dan aset

Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso menilai secara strategis, akuisisi ini merupakan suatu ekspansi lintas bangsa (transnasional) yang menyediakan proses produksi di berbagai negara yang menjadi pasar tujuan. Langkah ini juga merupakan suatu efisiensi biaya dan efisiensi leadtime (tenggang waktu) yang dibutuhkan agar produk sampai ke tangan konsumen dalam waktu yang lebih singkat.

“Di sisi lain karena transaksi ini merupakan transaksi terafiliasi, maka perlu ditelaah lebih lanjut dari sisi valuasi harga yang disepakati,” ujar Aria kepada Kontan.co.id, Senin (25/5).

Baca Juga: Kinerja grup Salim masih solid, hanya saham INDF yang menguat sebulan terakhir

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama menilai jika memang tujuan akuisisi ini memang untuk memperluas pasar dengan peluang yang juga lebih baik, harga pelaksanaan akuisisi yang mencapai Rp 44 triliun dapat dikatakan layak. Akan tetapi, saat ini proses penjajakan juga masih akan berlangsung. Dus, terkait nilai pembelian mungkin perlu dikaji lagi apakah terlalu mahal, murah atau wajar.

Namun, yang perlu dilihat adalah prospek dari kerjasama tersebut. Berdasarkan data, Pinehill mempunyai jaringan distribusi di 33 negara dengan total populasi sekitar 885 juta orang.

“Strategi perluasan pasar tentunya sangat diperlukan untuk menjaga margin bisnis dalam jangka panjang. Ditambah hal tersebut harusnya meningkatkan brand dari ICBP itu sendiri di pasar luar negeri,” ujar Okie kepada Kontan.co.id, Senin (25/5).

Baca Juga: Pinehill harus laba US$ 128 juta jika tidak nilai akuisisi ICBP berkurang

Dus, Okie memandang rencana akuisisi ini cukup bagus bagi ICBP. Sebab, sejauh ini kontributor dari penjualan ICBP masih didominasi pasar dalam negeri. Dengan adanya akuisisi ini, maka jalur distribusi baru akan semakin terbuka dan diharapkan berkontribusi terhadap penjualan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati