Ini dampak kenaikan BBM terhadap inflasi versi BI



JAKARTA. Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan segera naik. Kenaikan harga ini sudah pasti berdampak pada inflasi. Bank Indonesia (BI) melihat, tingkat inflasi bisa naik sekitar 2,2% sampai 2,4%.

"Angka tersebut merupakan tambahan baseline pada inflasi sebelum kenaikan harga BBM," sebut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah, Kamis, (20/6). Menurutnya, inflasi naik besar pada bulan Juni, yang menyumbang 1,63%.

Dari Januari sampai akhir Mei, inflasi berada di posisi 5,46%. Kemudian sampai akhir Juni, inflasi diprediksi mencapai 7,09%. Ini karena masyarakat cenderung kaget pada ketuk palu kenaikan harga BBM.


Kemudian, sisa sekitar 0,5% inflasi akan terserap di bulan Juli, Agustus, dan September. "Nanti puncak inflasi ada di 3 bulan itu," ujar Difi.

Pada akhir tahun, BI memproyeksi, inflasi akan berada di kisaran 7%-7,74%. Ini merupakan inflasi bulanan pada Juni sampai Desember, yang dihitung secara year on year.

Detailnya, BI memproyeksikan inflasi berada di titik 7,65%. Namun, bila pihak bank sentral ini melakukan koordinasi dengan pemerintah, inflasi bisa sedikit lebih rendah di posisi 7,2%.

Ia menyebut, dampak inflasi dari kenaikan BBM ini akan berlangsung temporer, yakni selama 2 sampai 3 bulan saja. Namun setelah itu, BI yakin kondisi akan kembali stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri