Ini dugaan sementara susunan kabinet Jokowi-JK



JAKARTA. Bila tidak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengumumkan postur dan nama menteri kabinet Indonesia Hebat pada sore pukul 16.00 WIB, Minggu (26/10). Dari perkembangan terakhir, Jokowi memastikan ada 34 Kementerian yang akan membantunya di masa pemerintahan nanti.

Saat ini, seleksi final calon menteri sudah selesai. Catatan dari KPK dan PPATK pun telah diterima Jokowi akhir pekan lalu. Dengan demikian, nama-nama menteri yang segera akan bekerja sudah siap dipublikasikan.

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan wartawan, ke-34 calon menteri akan yang akan membantu Jokowi-JK adalah sebagai berikut: 1. Menteri Sekretaris Negara Pratikno 1. Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. 2. Kepala Bappenas Andrinof Chaniago 3. Menteri Kemaritiman Indroyono Soesilo. 4. Menko Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edy Purdjianto. 5. Menko Perekonomian Sofyan Djalil. 6. Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. 7. Menteri Perhubungan Ignatius Jonan. 8. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 9. Menteri Pariwisata Arief Yahya 10. Menteri ESDM Sudirman Said 11. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumala. 12. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi 12. Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir 13, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu 14. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. 15. Menteri Komunikasi dan Informasi Maruar Sirait 16. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy chrisnandi 17. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro 17. Wamen Keuangan Mardiasmo 18. Menteri BUMN Rini M.Soemarno 19. Menteri Koperasi dan UMKM Aagn Puspayoga 20. Menteri Perindustrian Saleh Husin 21. Menteri Perdagangan Rahmat Gobel 22. Menteri Pertanian Amran Sulaiman 23. Menteri Ketenaga Kerjaan Hanif Dhakiri 24. Menteri Pekerjaan Umum dan Perum Rakjat Basuki Hadimuljono 25. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaja 26. Menteri Agraria dan Tata ruang Ferry Musyidan Baldan 27. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin 28. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek 29. Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa 30. Menteri Wanita Yohanan Yambise 31, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar; dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Anies Baswedan 32, Menteri Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi N Nasir 33. Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi 34. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan transmigrasi Marwan Jafar.

Beberapa nama yang sebelumnya beredar seperti Saldi Isra yang sempat dipanggil ke Istana dan dikabarkan menjadi Menkumham tidak ada dalam postur kabinet ini. Justru posisi itu diisi oleh politisi PDIP Yasonna H.Laoly. Namun kepastian nama ke-34 Menteri dijadwalkana akan diumumkan sore ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie