Ini jadwal pemadaman bergilir di Jakarta-Tangerang



JAKARTA. Pasca pemadaman listrik serentak di Jakarta dan Tangerang tadi malam, hari ini, pemadaman bergilir akan kembali terjadi. Pemadaman listrik akan diberlakukan menjadi tiga tahap dengan maksimal pemadaman tiga jam per hari.

Roxy, Deputi Manajer Komunikasi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang menuturkan pemadaman terjadi akibat defisit daya pembangkit sistem sebesar 750 megawatt (MW) pada sistem Muara Karang serta adanya gangguan pengantar Petukangan di daerah Gandul, Balaraja, Lontar, dan Kembangan.

"Pemadaman hari ini tidak akan serentak seperti semalam (12/5), tapi kita berlakukan secara bergilir," kata Roxy saat dihubungi KONTAN, Selasa (13/5).


Menurut info yang didapat Roxy pemadaman belum bisa di pastikan kapan akan berakhir. Namun yang jelas, dalam hitungan satu minggu pemadaman bisa berangsur pulih.

PLN belum berencana untuk memberikan kompensasi terhadap pemadaman bergilir. Kata Roxy, kompensasi akan diberikan ketika pemadaman listrik dilakukan dalam 3x24 jam. "Kalau hanya tiga jam sepertinya tidak perlu, jika sudah melewati bata 3x24 jam mungkin akan diberikan kompensasi," terangnya.

Jakarta dan Tangerang merupakan pusat bisnis dan pemerintahan Indonesia, Roxy menyatakan, bahwa pemadaman ini di luar dugaan dan tak perlu menambah pembangkit listrik tambahan. "Bukan tanpa antisipasi, karena ini murni kekurangan defisit di sejumlah wilayah," tandasnya.

Ia menghimbau kepada pelanggan, agar dapat berhemat listrik hingga 50 watt per hari. Ia bilang, untuk saat ini perusahaan wajib menggunakan genset dengan suhu asli 25 derajat celcius.

Berikut ini jadwal pemadamannya:

Pemadaman tahap satu dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB yang berimbas di Wilayah Teluk Naga, Jalan Pasar Kemis, Jalan Raya Serang Balaraja, Serpong, BSD City, Bintaro, Kebon Jeruk, Bulungan, Tanah kusir, Menteng, Kedoya Raya, Ciputat, Pesanggrahan, Bandengan, Kapuk Raya, Pantai Indah Kapuk, Cikokol, Serpong, Teluk Naga, Jalan Raya Legok, Jalan Raya Karawaci, dan sekitarnya.

Kemudian, dilanjutkan tahap dua Pukul 13.00-16.00 Wilayah sekitar Jalan Bitung, Jalan Raya Pasar Kemis, Jalan Raya Serang Balaraja, Gading Serpong, Jalan Raya Legok, Jalan Raya Mauk, Grogol, Daan Mogot, Cengkareng, Jalan Kyai Tapa, Cengkareng, Ciledug, Daan Mogot, Kedoya Raya, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Curug Raya, Jalan Raya Cipondoh, Jalan Bhayangkara Serpong, Alam Sutera, dan sekitarnya. Lalu tahap ketiga pukul 16.00-19.00, Wilayah sekitar Jalan Kapuk Kamal, Jalan Batu Ceper Raya, Jalan Raya Serang, Kali Angke, Taman Anggrek, Tomang Raya, Jalan Kapuk Kamal Muara, Jalan Kapuk Kayu Besar, Jalan Setiabudi, Jalan Kuningan, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Tanah Abang, Karawaci, Jalan Raya Pasar Kemis, Jatake, dan sekitarnya.

"Setiap harinya akan kami pantau terus, agar pemadaman juga berangsur pulih dan tidak keluar jangkauan yang sudah kami tentukan," ungkap Roxy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan