Ini Janji Pertama RK-Suswono untuk Warga Jakarta



JAKARTA.CO.ID - JAKARTA. Ridwan Kamil dan Suswono telah dideklarasikan sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ridwan Kamil dan Suswono didukung oleh 12 partai. Umumnya sejumlah partai yang mendukung sebelumnya tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024.

Dalam kesempatan deklarasi itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyampaikan janji-janjinya bila dipercaya masyarakat menjadi orang nomor satu di Jakarta periode 2024-2029.


Beberapa janji Ridwan Kamil itu memperbanyak ruang terbuka hijau, pengentasan banjir, pembangunan yang dikoordinasikan dengan pemerintah pusat hingga masalah polusi udara.

"Saya betul-betul akan kerja keras. Saya punya anak kecil. Saya tidak mau anak-anak di Jakarta bahagianya hanya main di mal, harusnya mereka berbahagia di ruang-ruang outdoor," kata Ridwan Kamil, Senin (19/8/2024).

Baca Juga: Dharma-Kun Lolos Jalur Independen Pilkada Jakarta 2024

Sayangnya, dari sejumlah janji yang disebutkan eks Gubernur Jawa Barat itu, masih ada beberapa permasalahan di Jakarta perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya soal transportasi hingga lapangan kerja.

Pengamat Tata Kota, Yayat Supriatna mengatakan, isu pengentasan masalah banjir dan macet di Jakarta dengan berbagai upayanya saat ini sudah mulai berkurang, meski sejauh ini belum menyelesaikan masalah.

"Masalah banjir dan kemacetan itu sudah jamaklah. Tapi, terkait sekarang adalah kualitas sumber daya manusia, lapangan kerja, kemandirian karena ke depan ini menempatkan Jakarta sebagai kota global," kata Yayat kepada Kompas.com, Selasa (20/8/2024).

Selain itu, ada tantangan lain yang akan dihadapi oleh Ridwan Kamil-Suswono apabila nanti terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Salah satunya masalah mengenai warga yang strata ekonominya menengah, tetapi tidak lagi tinggal di Jakarta.

Yayat mengatakan, umumnya para warga yang kondisi ekonomi dan sosial menengah ke atas saat ini telah tinggal di kota penyangga ibu kota, yakni Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

"Sekarang ada ada tiga juta warga di Jakarta. Ada yang tinggal di luar Jakarta tapi KTP masih di Jakarta. Nah ini mengalami penurunan kegiatan hingga berdampak pada ekonomi. Jadi jantung kota detaknya itu sudah berkurang," kata Yayat.

Masalah transportasi dan polusi Pasangan Ridwan Kamil-Suswono juga disebut memiliki tantangan lain, yakni untuk mengatasi permasalahan transportasi di Jakarta yang sampai saat ini masih banyak kekurangan.

Jika janji Ridwan Kamil-Suswono akan melanjutkan program kepemimpinan sebelumnya, maka, mereka bisa memulai dengan mengintegrasikan transportasi dari Jakarta ke wilayah penyangga.

"Kalau misal mau Pak RK apa yang sudah diinisiasi oleh Anies, misalnya tentang layanan transportasi. Nah yang belum terbentuk sekarang ini misalnya bagaimana mengintegrasikan layanan ke wilayah penyangga," kata Yayat.

Adanya layanan angkutan yang terintegrasi, tentunya dapat mengurangi masalah polusi di Jakarta.

Hal ini beriringan dengan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta dalam mengatasinya.

Pemprov Jakarta pada kepemimpinan Anies Baswedan sudah mewacanakan ada pembatasan usia kendaraan di Jakarta di bawah Pergub untuk pengendalian polusi udara Jakarta.

"Nah pembatasan kendaraan ini sudah diwacanakan oleh pak Anies. Pertanyaannya, berani atau tidak direalisasikan oleh Pak RK?. Dari sisi kendaraan, lalu sisi polisi udara sudah diwacakan," ucap Yayat.

Ridwan Kamil resmi dideklarasikan untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Ia dipasangkan dengan Suswono, Mantan Menteri Pertanian RI dari PKS.

Ridwan-Suswono diusung oleh 12 partai politik yang tergabung dalam koalisi Jakarta Baru, Jakarta Maju. Partai-partai ini antara lain Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, NasDem, PKB, PKS, Perindo, PSI, PPP, Garuda, dan Gelora.

Dalam karier politiknya, Kang Emil menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018, Ridwan dipasangkan dengan Oded Muhammad Danial yang waktu itu merupakan kader PKS. Lalu, saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan dipasangkan dengan Uu Ruzhanul Ulum dari 2018-2023.

Baca Juga: Nasdem Resmi Mengusung Ahmad Lutfi-Kaesang pada Pilkada Jateng

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Janji Pertama RK-Suswono untuk Warga Jakarta, Sayangnya Tak Sentuh Persoalan Utama", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/20/09554071/janji-pertama-rk-suswono-untuk-warga-jakarta-sayangnya-tak-sentuh?page=all#page2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati