Ini Jenis-jenis Cat yang Perlu Anda Tahu! Jangan Sampai Ngecat Ulang



MOMSMONEY.ID - Ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis cat yang dijual di toko cat dan memahami seperti apa hasil akhirnya. Tujuannya supaya Anda bisa memilih jenis cat yang paling tepat untuk ruangan Anda!

Memilih jenis dan hasil akhir cat yang tepat lebih penting dari pada memilih warna cat yang tepat. Walaupun banyak pemilik rumah sering mengabaikan hal ini, ada beberapa faktor penting mengenai jenis-jenis cat yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. 

Baca Juga: Cat Susu Lagi Populer, Kenali Salah Satu Jenis Cat Rumah Ini yuk


Melansir Better Homes and Gardens, jenis-jenis cat yang berbeda memiliki hasil yang berbeda yang tujuannya pun berbeda. Hasil akhir ini mengukur seberapa banyak cahaya yang dipantulkan dari cat. Singkatnya, seberapa mengkilapnya cat tersebut. Selain itu, beberapa jenis cat terlihat lebih baik dan lebih mudah dibersihkan pada permukaan tertentu.

Membeli jenis cat yang tepat bisa mencegah Anda melakukan pengecatan ulang. Jadi sebelum membeli dan mengecat, pastikan Anda memilih jenis cat yang paling tepat.

Ini daftar jenis-jenis cat yang perlu Anda ketahui!

Baca Juga: Macam-Macam Khasiat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Primer

Jenis cat primer adalah lapisan paling dasar yang perlu Anda aplikasikan pertama kali pada permukaan apapun. Jenis cat primer berfungsi melindungi dan membantu hasil akhir cat tampak lebih halus dan rata. Menggunakan cat primer juga bisa membantu mengurangi jumlah lapisan cat warna yang Anda butuhkan karena cat primer berwarna putih. 

Cat lapisan akhir atau finish coat

Meski memiliki istilah finish coat, ini bukan cat yang benar-benar terakhir. Ini adalah jenis cat yang Anda aplikasikan tepat di atas cat primer atau cat dasar. 

Cat interior

Ini adalah jenis cat khusus untuk peralatan di dalam rumah Anda seperti dinding bagian dalam, lemari dan furnitur. 

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Asam Urat di Usia Muda dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai

Cat eksterior

Ini adalah jenis cat yang dirancang khusus agar tahan menghadapi berbagai macam cuaca sekaligus mudah menyesuaikan dengan perubahan suhu yang drastis. Jenis cat untuk bagian luar rumah ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari pada cat interior. 

Cat lateks air

Ada banyak jenis cat termasuk cat minyak dan akrilik. Namun cat lateks berbahan dasar air adalah jenis cat yang paling standar untuk mengecat rumah. Jenis cat ini mudah diaplikasikan, cepat dibersihkan dan aman bagi mereka yang alergi lateks. 

Bagaimana cara memilih jenis cat yang tepat?

Baca Juga: 6 Jenis Dress Perempuan yang Wajib Ada di Lemari, Sudah Punya Semua

Pada dasarnya jenis cat terbagi menjadi empat kategori hasil akhir yaitu matte, satin, semi-gloss dan glossy. Terkadang banyak produsen cat yang mengategorikan produknya memiliki hasil akhir eggshell. Jika menemukan jenis cat ini Anda tak perlu bingung karena pada dasarnya hasil akhir cat tersebut adalah matte. Anda bisa memeriksa sampel sebelum membelinya untuk memastikannya lagi. 

Hasil akhir sebuah cat tidak hanya mempengaruhi tampilan permukaan yang dicat tetapi juga ketahanannya. Semakin mengkilap hasil akhirnya maka semakin kuat hasil akhirnya. 

Cat matte

Jenis cat matte adalah jenis yang memberikan hasil akhir seperti kapur. Cat jenis ini tidak memantulkan cahaya sehingga cat ini mudah menyembunyikan ketidaksempurnaan. Sayangnya, cat matte tidak tahan lama dan tidak tahan terhadap pembersihan. Sehingga gunakan cat ini di area yang jarang dilalui seperti cat kamar tidur, cat langit-langit atau cat dinding yang sudah agak rusak selama bertahun-tahun. 

Baca Juga: 4 Penyebab Anda Mudah Marah dan Emosian, Ada Trauma?

Cat satin

Jenis cat satin hanya bisa memantulkan sedikit cahaya. Sehingga tekstur permukaan sedikit terlihat. Jenis cat satin hadir dalam berbagai kilau seperti egg shell yang merupakan jenis cat di antara cat matte dan cat satin. Jenis cat satin lebih kuat dari pada cat matte. Anda bisa menggunakan jenis cat ini untuk di kamar anak-anak atau di area yang sering dilewati orang. 

Cat semi-glossy

Jenis cat ini memiliki daya tahan dan kilau yang lebih baik daripada cat satin. Jenis cat ini tdiak akan luntur setelah dibersihkan. sehingga cocok untuk kamar mandi dan dapur. Cat ini juga cocok untuk lis dinding. Namun jenis cat ini tidak bisa menutup ketidaksempurnaan secara sempurna. 

Cat high-gloss

Jenis cat high-gloss adalah jenis cat paling mengkilap dan paling memantulkan cahaya. Ini akan membuat dinding jadi lebih menonjol. Selain itu jenis cat ini adalah jenis yang tahan lama. Sayangnya jenis cat yang paling bagus memantulkan cahaya paling mudah memperlihatkan ketidaksempurnaan permukaan. Ini pilihan yang bagus untuk furnitur atau lis yang baru dipasang.

Itu tadi daftar jenis-jenis cat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tonton: Harga Pangan di DKI Jakarta 21 Oktober 2024: Harga Cabai dan Minyak Goreng Naik

Selanjutnya: Bangun Rumah Rakyat, Menteri Perumahan Buka Opsi Gunakan Lahan Sitaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta