Ini Kata Pakar Laundry Cara Menghilangkan Bau Apek dari Handuk!



MOMSMONEY.ID - Jika Anda menemukan handuk masih bau apek setelah dicuci, simak cara menghilangkan bau apek handuk!

Kita semua pernah mengalaminya, saat mengambil handuk baru ternyata handuk bersih Anda memiliki bau apek. Meski baunya tidak sedap dan mungkin membuat Anda ingin membuang handuk, jangan dulu membuangnya. 

Baca Juga: Cara Hapus Akun X atau Twitter Menggunakan Tips 5 Langkah Mudah


Cara menghilangkan bau apek dari handuk cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan deterjen baju, pemutih untuk handuk putih, pemutih yang aman untuk handu berwarna, serta penghilang noda dan bau. 

Melansir Martha Stewart, Ahli Pembersih Clorox, Mary Gagliardi menyarankan cara menghilangkan bau apek dari handuk adalah sebagai berikut:

  1. Mulai dengan memerika label perawatan pada handuk untuk mengetahui petunjuk pencucian yang spesifik. 
  2. Sortir handuk berdasarkan warna. Pisahkan handuk putih dari handuk berwarna. Penting untuk mencuci beberapa handuk dalam satu kali putaran mesin cuci. 
  3. Tambahkan deterjen dan pemutih ke dispenser yang sesuai di mesin cuci Anda. 
  4. Pilih pengaturan pencucian berat, tambahkan air panas dan lakukan ekstra bilas. 
  5. Jika sudah, keringkan!
Untuk cara menghilangkan bau apek dari handuk putih, tambahkan pemutih ke dispenser pemutih dan isi hingga batas maksimal. Untuk handuk berwarna, tambahkan pemutih yang aman untuk warna ke dispenser pelembut kain dan tambahkan penghilan noda dan bau ke dispenser deterjen bersama dengan deterjen. 

Baca Juga: 4 Cara Berbagi WiFi Tanpa Memberi Kata Sandi atau Password ke Orang Lain

Apa penyebab bau apek pada handuk?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin mencium bau apek pada handuk. Namun pada dasarnya bau apek disebabkan oleh bakteri. 

Handuk mungkin mulai mengeluarkan bau apek setelah dicuci di mesin cuci yang memiliki endapan residu. Sehingga handuk yang baru dicuci pun berbau apek dan berjamur, terutama saat basah. 

Terkadang bau apek disebabkan oleh handuk yang tidak dijemur dengan benar setelah digunakan. Hal ini memperlambat proses pengeringan dengan udara, yang membuat jamur dan bau memiliki waktu untuk berkembang. 

Ide yang sama berlaku jika Anda mencuci handuk tetapi tidak langsung memasukkkannya ke dalam mesin pengering. 

“Membiarkan cucian basah berada di dalam mesin cuci dalam waktu lama dapat menyebabkan bau yang tidak diinginkan dan bertahan lama pada cucian Anda,” ungkap kepala pemasaran Swash, Timothy Buszka. 

Selanjutnya: Begini Cara Mencuci Sleeping Bag yang Aman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta