MOMSMONEY.ID - Sejumlah
brand lokal di Tokopedia berkolaborasi dengan Barbie dengan merilis produk kolaborasi. Film
Barbie yang tayang di bioskop mulai 19 Juli 2023 lalu mendapatkan atensi dari banyak penonton di Indonesia. Fenomena ini ternyata berdampak terhadap tren penjualan
online produk-produk yang berkaitan dengan Barbie melalui Tokopedia.
"Kami mencatat, ada peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat dibanding rata-rata transaksi harian sepanjang 1 Mei-20 Juli 2023," kata Corporate Affairs Lead Tokopedia Antonia Adega dalam keterangan tertulis, Jumat (28/7). Itu terjadi pada puncak kampanye online Tokopedia bersama Mattel, produsen produk Barbie, 21 Juli 2023 lalu.
Baca Juga: Penuh Fantasi, 6 Film Barbie Lawas Terbaik Ini Wajib Ditonton Penggemarnya Melalui kampanye bersama Mattel, Tokopedia memberikan panggung khusus kepada sejumlah
brand lokal yang memiliki kolaborasi spesial dengan Barbie. Seperti ESQA Cosmetics, SOVLO, dan Day and Night untuk menjangkau pasar yang lebih luas. "Tokopedia sangat mengapresiasi brand lokal yang senantiasa berinovasi dan berkolaborasi, serta menginspirasi lebih banyak pelaku usaha di Indonesia untuk terus maju bahkan setara dengan
brand kelas dunia," ujar Antonia. ESQA Cosmetics, salah satu brand lokal kecantikan di Tokopedia, didirikan oleh Kezia Trihatmanto dan Angelina Cindy pada 2016. Kezia meninggalkan pekerjaannya sebagai akuntan selebriti Hollywood untuk kembali ke Tanah Air demi mengejar
passion di bidang kecantikan.
Baca Juga: Kisah Barbie, Mattel, Animasi, dan Ikon Tubuh Sempurna Perempuan Bersama Angelina, Kezia memulai dan membangun brand lokal kecantikan vegan pertama di Indonesia. "Saat itu, belum ada
brand kecantikan buatan Indonesia yang mengusung konsep vegan. Akhirnya, kami memanfaatkan
opportunity ini dengan membangun ESQA," kata Kezia, Co-Founder and CPO ESQA Cosmetics. Produk ESQA tidak memiliki unsur hewani apapun dan ramah bagi kulit sensitif. Setiap produk ESQA tidak mengandung paraben, triclosan, sodium lauryl sulfate (SLS), dan gluten. "Produk kami telah melalui uji klinis dermatologi," tegas Kezia. ESQA selalu mengusung pemberdayaan perempuan, maka hampir seluruh karyawan ESQA adalah perempuan.
Baca Juga: 6 Film Angkat Isu Feminisme dan Perempuan, Barbie Termasuk? "Kami juga terus berupaya menghadirkan produk kecantikan yang inklusif untuk segala umur dan seluruh warna kulit perempuan Indonesia agar mereka makin percaya diri," tambah Kezia.
Koleksi spesial Barbie x ESQA berupa cream blush sekaligus contour, lip stain, dan eyeshadow. Pembeli bisa mendapatkan produk kolaborasi Barbie x ESQA lewat Tokopedia. "Melalui produk ini, kami ingin menginspirasi setiap perempuan agar menjadi pribadi yang kreatif dan percaya diri, serta berani mengeksplorasi berbagai hal," ungkap Kezia. ESQA mencatat ada kenaikan transaksi hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia sejak peluncuran produk kolaborasi Barbie x ESQA. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: S.S. Kurniawan