JAKARTA. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah menyampaikan hasil investigasi kecelakaan laut antara Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahuga Jaya dengan MV Norgas Cathinka pada 26 September 2012. Tatang Kurniadi, Ketua KNKT menjelaskan, penyebab kecelakaan kedua kapal itu dikarenakan adanya inkonsistensi kedua kapal. Dia bilang, kapal MV Norgas Cathinka melakukan perubahan haluan kapal tetapi terlalu pelan dan tidak signifikan. Perubahan yang pelan dan tidak signifikan itu menyebabkan KMP Bahuga Jaya menjadi ragu mengubah arah. Namun, untuk menghindari tubrukan, KMP Bahuga Jaya mengambil tindakan mengubah haluan kapal ke arah kiri.
"Perubahan haluan ke kiri ini tidak sesuai dengan Peraturan pencegahan tubrukan laut," jelas Tatang dalam jumpa pers di kantornya, Senin (29/4). Berikut kronologis kecelakaan yang terjadi pada 26 September 2012: Pukul 03:05 WIB Bahuga Jaya berangkat dari dermaga 3 Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Pada saat yang bersamaan, Norgas Cathinka juga sedang dalam perjalanannya melintasi Selat Sunda menuju Singapura. Pukul 04:20 WIB Norgas Cathinka bergerak dengan kecepatan 11 knot. Pada saat itu, radar Norgas mendeteksi ada 5 kapal yang akan melintasi haluan Norgas. Tiga kapal yang akan melintasi haluannya dan bergerak ke arah timur yakni MV Caitlyn dan 2 kapal lain. Selain itu, tampak juga 2 kapal lain yang bergerak ke arah barat dan akan melintasi arah haluannya. Kapal tersebut adalah Bahuga Jaya dan Gelis Rauh. - Pukul 04:36 WIB Kapal terakhir dari 3 kapal yang bergerak ke arah timur yakni MV Caitlyn tepat melewati arah lintasan haluan Norgas pada jarak 1 Nm. Pada saat itu Bahuga Jaya masih berada pada lintasan potensi tubrukan dengan jarak 2 mil laut. Pukul 04:40 WIB Petugas (Mualim Jaga) kapal di Norgas memutuskan mengambil tindakan menghindari tubrukan dengan autopilot mengubah haluan kapal menjadi 050 derajat. Di saat yang sama, untuk hindari tabrakan Mualim jaga di Bahuga Jaya memerintahkan juru mudi untuk mengubah haluan ke kiri 20 derajat. Pukul 04:41 WIB Norgas merubah haluan dari 055 menjadi 060 derajat. Jarak Norgas dan Bahuga Jaya kurang dari 1 mil laut. Pukul 04:42:42 WIB Jarak kedua kapal kurang dari 0,5 mil laut. Bahuga Jaya berubah haluan ke kiri dan Norgas merubah haluan ke kanan. Pukul 04:43 WIB Jarak kedua kapal 0,3 mil laut. Kedua kapal bergerak saling mendekat dan diperkirakan akan tubrukan kurang dari 1 menit. Pukul 04:43:12 WIB Mualim Bahuga Jaya memanggil Norgas Cathinka melalui radio VHF di channel 16. Mualim jaga memanggil nama kapal "Norgas Cathinka" sebanyak 3 kali tapi tidak dapat respons dari Norgas. Mualim jaga Norgas Cathinka yang sedang pegang kendali mendengar panggilan tapi tidak paham maksudnya. Jarak kedua kapal kurang dari 0,25 mil laut. Pukul 04:43:42 WIB Jarak kedua kapal sekitar 100 meter. Norgas Cathinka melakukan cikar kanan. Pukul 04:44:12 WIB
Haluan Norgas Cathinka tetap berbelok ke kanan dengan cepat. Beberapa detik kemudian haluan kiri kapal tersebut menabrak dinding atas kanan Bahuga Jaya tepat di bawah anjungan kapal. Pukul 04:44:27 WIB KMP Gelis Rauh yang berada di belakang Bahuga Jaya melakukan panggilan darurat (May Day) melalui radio VHF di channel 16. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Asnil Amri