Ini Langkah Bank BTN untuk Membantu Tekan Stunting di Kolbano NTT



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus mendorong pembangunan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di berbagai daerah.

Salah satunya dengan turut berkontribusi menekan tingginya angka stunting di dalam negeri. Sekretaris Perusahaan BTN, Achmad Chaerul, mengatakan pihaknya telah  bantuan ratusan juta rupiah untuk mendukung upaya penekanan stunting di Desa Kolbano, Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak. TTS pun merupakan salah satu kabupaten di NTT dengan angka stunting tertinggi yakni di atas 30% pada 2022.


Selain memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), BTN juga mengedukasi dan membagikan buku saku terkait stunting bagi ibu hamil dan ibu dengan anak di Desa Kolbano. Edukasi juga dilakukan dengan menempelkan poster gizi di rumah warga. 

"BTN bersama para Relawan Bakti BUMN berkolaborasi mulai dari penyaluran bantuan hingga memberikan berbagai edukasi untuk penekanan stunting. Melalui pemberian bantuan dan edukasi tersebut, kami harapkan dapat memberikan asupan dan semangat bagi masyarakat Desa Kolbano untuk memperhatikan gizi dan lepas dari stunting,” jelas Chaerul dalam keterangan resminya, Minggu (12/3). 

Para relawan juga mengajarkan tentang pembudidayaan ikan lele dan pembuatan daging lele tepung sebagai alternatif sumber gizi.  Di samping itu, Bank BTN bersama para Relawan Bakti BUMN juga menyalurkan bantuan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kolbano, bantuan sarana prasarana Balai Desa, bantuan perbaikan perpustakaan sekolah, hingga bantuan untuk Puskesmas Desa Kolbano. 

Program Relawan Bakti BUMN sendiri merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN dengan melibatkan para pegawai dari berbagai BUMN. Program yang menjadi bagian dari TJSL tersebut, dilakukan serentak pada 7-10 Maret 2023.  

Selain di TTS, Bank BTN juga telah menyalurkan bantuan untuk menekan angka stunting di Pekanbaru. BTN fokus dalam program menekan stunting untuk ikut menjaga kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk