Ini Langkah Jalin Pembayaran Mengakselerasi Transformasi Keuangan Digital



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa tengah mengakselerasi transformasi digital pada sistem layanan keuangannya.

Perusahaan switching ini melakukan persiapan tranformasi pada beragam aspek strategis, terutama pada peningkatan kualitas operasional, sistem layanan dan keamanan, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal demi memastikan kesiapan Jalin dalam meluncurkan beragam inovasi produk keuangan digital baru dan terpercaya.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengatakan, transformasi keuangan digital yang dilakukan merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial.


"Jalin berupaya mengakselerasi peningkatan kapabilitas yang end-to-end di berbagai aspek strategis, seperti mendorong pemenuhan Service Level Agreement di atas standar industri, mengembangkan e-channel platform untuk ekosistem keuangan yang terintegrasi, memperluas sertifikasi security standar global, menambah ratusan SDM profesional serta mendukung peningkatkan kompetensinya agar nanti  siap menopang transformasi bisnis Jalin dan mampu bersaing di skala global," kata Ario, Sabtu (15/4).

Dia menambahkan, digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin untuk memperluas layanan digital yang inklusif serta melengkapi layanan switching dan managed service yang sampai saat ini menjadi layanan eksisting perusahaan. 

Jalin akan mendorong percepatan peluncuran beragam inovasi digital yang proses pengembangannya telah dimulai sejak 2 tahun silam. Adapun beberapa produk digital services yang saat ini tengah dikembangkan adalah layanan Virtual ATM, Jalin Verifi3d, tarik tunai tanpa kartu, serta Jalin Payment Integrator. 

Perusahaan menargetkan akan meluncurkan produk digital baru pada semester II mendatang yang akan dimulai dari launching layanan Virtual ATM bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). 

"Harapannya nasabah perbankan bisa menikmati kemudahan layanan keuangan yang aman, nyaman, dan semakin luas,” ujar Ario. 

Sebagai informasi, sebelumnya Jalin memperkenalkan konsep Virtual ATM sebagai salah satu digital roadmap untuk mendukung member perbankan Jalin utamanya Himbara dalam menghadirkan pengelolaan jaringan ATM yang lebih terkoneksi secara luas, efisien, serta memberikan kenyamanan dalam bertransaksi kepada masyarakat. 

Virtual ATM menekankan pada solusi penggunaan teknologi ATM yang memungkinkan Bank melayani nasabah dengan tetap mempertahankan user experience walaupun sedang berada di platform ATM Bank yang berbeda. 

"Jalin sebagai bagian dari Holding Danareksa yang merupakan BUMN spesialis transformasi pertama di Indonesia, siap mengambil peran aktif sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dalam membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif demi mendukung kemajuan Indonesia." Pungkas Ario.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk