Ini Lo 6 Cara Usir Nyamuk dari Kamar Tidur



MOMSMONEY.ID - Nyamuk adalah hewan yang cukup mengganggu waktu tidur Anda. Lalu bagaimana cara usir nyamuk di kamar secara alami? 

Sebenarnya, Moms bisa mengusir nyamuk dengan cara memakai produk pengusir nyamuk di pasaran. Namun ternyata produk ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. 

Melansir Alodokter, penggunaan obat nyamuk semprot bisa menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, muntah bahkan kehilangan kesadaran. Risiko ini timbul karena disebabkan oleh kandungan piretrin pada produk obat nyamuk semprot. 


Baca Juga: Tips Diet Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Tanpa Obat Pelangsing

Bahkan partikel polusi yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar sama bahayanya dengan pembakaran sekitar 100 batang rokok. Sedangkan emisi formaldehida sama dengan pembakaran 50 batang rokok. Nah, salah satu cara yang tidak menimbulkan bahaya adalah mengusir nyamuk secara alami. 

Bagaimana cara usir nyamuk secara alami? 

Usir nyamuk dengan tidak menyimpan genangan air Cara mengusir nyamuk secara alami adalah memastikan tidak ada genangan air di dalam kamar tidur. Jika ada, segera buang air tersebut karena air akan digunakan untuk nyamuk meletakan telur atau larvanya. 

Usir nyamuk dengan lilin dan essential oil Gunakan lilin dan essential oil beraroma sitrus, lemon, lavender, basil, rosemary dan laurel. Anda bisa memilih salah satu aroma yang paling Anda sukai.

Usir nyamuk dengan tanaman ini

Beberapa tanaman bisa mengusir nyamuk karena aromaya. Oleh karena itu coba gunakan tanaman basil, daun mint atau rosemary. Letakan tanaman di dekat jendela sehingga mereka banyak menerima cahaya dan mencegah nyamuk masuk ke kamar Anda. 

Usir nyamuk dengan lemon dan cengkeh

Ini adalah cara mengusir nyamuk yang tepat untuk ruangan yang kecil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membelah lemon menjadi dua. Kemudian tancapkan cengkeh pada lemon. 

Baca Juga: Promo Danamon HUT, Ada Cashback 67% Belanja di Ace Hardware

Gunakan semprotan bawang putih Selain mengusir nyamuk, cairan bawang putih juga bisa digunakan untuk mengusir lalat dan serangga. Caranya mudah, kupas dan potong kecil-kecil bawang putih. Kemudian letakan di air yang ada pada botol semprot. Diamkan beberapa jam sebelum Anda gunakan. 

Gunakan minyak kayu putih Ini adalah alternatif paling baik dari menggunakan semprotan bawang putih. Jika Anda tak suka aroma bawang, gunakan minyak kayu putih. Bisa Anda semprotkan langsung atau campurkan dengan shampo atau pelembab kulit sebelum Anda pakai ke kulit. 

Demikian cara mengusir nyamuk secara alami dari kamar tidur yang disadur dari Livspace. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta