Panduan Memberikan MPASI untuk Bayi Usia 8 Bulan & Rekomendasi Resepnya



MOMSMONEY.ID - Yuk, simak panduan memberikan MPASI untuk bayi usia 8 bulan mulai dari tektur, porsi, jadwal hingga rekomendasi resepnya.

Bagi Anda yang memiliki anak usia 8 bulan, MPASI menjadi topik yang paling sering dicari di internet. Pasalnya, ketika anak sudah berusia 8 bulan, anak perlu penunjang nutrisi lain selain Air Susu Ibu (ASI), yang notabene tersedia di beberapa jenis Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Tentunya, makanan ini harus disesuaikan dengan kemampuan bayi yang bisa ditakar berdasar usia mereka.


Berdasarkan World Health Organization atau WHO, MPASI wajib diberikan ke bayi agar mereka mendapat asupan nutrisi yang cukup sesuai dengan usianya. Pemberian ASI dan MPASI dapat mencukupi nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh secara fisik dan kognitif.

Dengan memastikan pemenuhan MPASI dan ASI ini, anak bisa bertahan hidup, cukup gizi, dan berkembang dengan baik.

Berdasarkan data WHO, usia anak 6–9 bulan adalah usia awal pengenalan MPASI.

Baca Juga: Ini Saran Tekstur dan Menu MPASI untuk Bayi 7 Bulan

Melansir situs Titipku, pada usia ini MPASI secara umum sebaiknya diberikan sebanyak dua kali per harinya dengan porsi yang disesuaikan. Jenis MPASI yang cocok untuk usia anak ini adalah MPASI berbentuk puree/bubur/makanan yang dihaluskan.

Menurut laman Hello Sehat, di usia 8 bulan bayi Anda biasanya sudah mulai belajar untuk merangkak bahkan berdiri. Kemampuan jari-jari tangannya juga cukup lincah untuk mengambil, menggenggam dan memeindahkan makanan.

Ini akan membuat bayi usia 8 bulan secara refleks suka memasukkan apapun yang dia genggam masuk ke dalam mulu termasuk makanan. 

Di usia 8 bulan, anak sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat namun teksturnya masih lembut, misalnya, kentang dan wortel yang direbus lama. Namun, melihat perkembangan bayi usia 8 bulan, tak ada salahnya Anda juga mulai memperkenalkan finger food.  

Baca Juga: Yuk Pahami Cara Membuat dan Ukuran Porsi MPASI Bayi 6 Bulan!

Sehingga, usahakan untuk membuat tekstur yang lebih kental dan semakin kasar, namun tetap lunak. Selain itu, pastikan ukuran makanan tetap kecil untuk mencegah bayi Anda tersedak dan memudahkan bayi Anda memegang makannnya. 

Berikut ini adalah rekomendasi menu MPASI untuk anak usia 8 bulan:

  • Sereal oatmeal sudah bisa diberikan sebagai konsumsi anak. oatmeal sendiri sebenarnya merupakan makanan untuk orang dewasa, namun bisa diberikan ke anak yang bentuknya bubuk. Larutkan bubuk oatmeal ini dengan ASI dan berikan ke anak ketika sereal oatmeal sudah mendingin.
  • Bubur beras berah dan cincangan daging ayam. Makanan padat berupa daging ayam bisa ditambahkan di menu ini asal dicincang kecil, sehingga anak tidak sulit mengonsumsi dan mencernanya.
  • Sup kentang dan wortel. Pastikan untuk memotong wortel dan kentang dengan ukuran yang lebih kecil dan rebus hingga teksturnya empuk.
Nah, di usia 8 bulan, bayi Anda memiliki kemampuan mengonsumsi makanan sama dengan usia 6 dan 7 bulan. Anda bisa memberinya MPASI 2-3 kali per hari dan 1-2 kali makanan selingan. 

Adapun porsi MPASI tidak jauh berbeda. Bagi bayi usia 8 bulan Anda bisa memberikan seukuran setengah gelas air mineral atau 15 milimeter makanan ringan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta