Ini lo Perbedaan Cuka Putih untuk Memasak & Khusus untuk Membersihkan!



MOMSMONEY.ID - Jika bingung harus menggunakan cuka yang mana, ini perbedaan cuka memasak dan cuku untuk membersihkan!

Sulingan cuka putih (distilled white vinegar) dan cuka untuk membersihkan adalah produk yang berbeda. Meski, melansir How Stuff Works, keduanya bisa digunakan untuk membersihkan semua benda. 

Baca Juga: Resep Chinese Food Buncis Krispi Bawang Putih, Masak Praktis Hanya 20 Menit


Cuka putih bisa dicampurkan dengan baking soda sebagai solusi membersihkan peralatan yang ada di rumah. Anda bahkan juga bisa menggunakan cuka putih dan cuka pembersih untuk mencuci pakaian. Namun keduanya tidak bisa ditukar penggunaannya. 

Letak perbedaan antara cuka putih suling dengan cuka pembersih adalah konsentrasinya. Cuka putih suling di dapur terbuat dari 95% air dan 5% asam asetat. Sedangkan cuka pembersih terdiri dari 94% air dan 6% asam asetat. 

Meski hanya berbeda 1% kandungan asam asetat, ini bisa sangat berbeda penggunaannya. Ekstra 1% asam dalam cuka pembersih membuatnya 20% lebih kuat untuk membersihkan dibanding cuka putih suling di dapur Anda. 

Baca Juga: 6 Pilihan Saham CGS International Sekuritas, Jumat (12/7), Rekomendasi Spekulasi Beli

Artinya, Anda tidak bisa mengonsumsi cuka pembersih. Cuka ini diproduksi tidak memenuhi standar kualitas makanan dan konesntrasinya yang lebih tinggi dapat menyebabkan gangguan kerongkongan dan usus. 

Namun kedua cuka tersebut dibuat dengan proses fermentasi yang sama. Keduanya menggunakan ragi untuk menghasilkan alkohol. Kemudian alkohol ini terkena oksigen dan bakteri Acetobacter. Dalam proses pembuatannya, alkohol hasil fermentasi ini didiamkan hingga berbulan-bulan untuk membentuk cuka. 

Selanjutnya: Cuaca Besok di Yogyakarta Didominasi Cerah, Berikut Ini Ramalannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta