Ini manfaat seleda untuk kesehatan penderita diabetes



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selada, sayuran hijau yang rendah kalori dan kaya vitamin. Ini manfaat selada untuk penderita diabetes. 

Selada, sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alsannya, selada mengandung folat, vitamin A yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Kenali manfaat dan efek samping jeroan untuk kesehatan

Mengutip dari Live Strong, selada tergolong dalam sayuran yang rendah karbohidrat, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah. 

Selada dan risiko diabetes 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care pada bulan Desember 2004 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran hijau(selada) lebih banyak bisa menurunkan risiko diabetes tipe II dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya. 

Selada dan gula darah 

Sayuran hijau ini memiliki nilai indeks glikemik sangat rendah, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. 

Aturan konsumsi 

American Diabetes Association merekomendasikan penderita diabetes mengonsumsi sekitar tiga sampai lima porsi sayuran nonstarchy setiap hari. 

Selada dengan warna yang lebih gelap, seperti selada romaine atau selada hijau, lebih baik daripada memilih seleda berwarna lebih terang. 

Sekedar info, selada yang lebih gelap mengandung mikronutrien esensial yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Kaya serat dan air, mentimun efektif menurunkan gula darah penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati