Ini Modifikasi Rute Transjakarta karena Ada HUT TNI di Monas



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transjakarta memodifikasi layanan mengingat adanya rekayasa lalu lintas saat puncak Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Dalam puncak TNI akan memamerkan sebanyak 1.059 alat utama sistem senjata (alutsista) yang terdiri dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Bukan hanya itu, pawai alutsista akan berlangsung mulai dari Monas dan melintasi beberapa ruas jalan di Jakarta Pusat.


Baca Juga: Selamat HUT TNI ke-77 Tahun 2024, Mari Kirim Ucapan & Twibbon untuk Tentara Indonesia

Melalui perhelatan tersebut, TNI menghadirkan grup band ternama seperti Slank, Dewa 19 feat Ari Lasso, NDX A.K.A, dan lain-lain.

Oleh karena itu, melalui unggahan akun X @PT_Transjakarta, Transjakarta mengumumkan ada penyesuaian di beberapa halte mereka.

Halte tidak beroperasi

Sebanyak 10 rute Transjakarta tidak akan beroperasi mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB.

Rute itu adalah 1B: Stasiun Palmerah - Transport Hub Dukuh Atas, 1F: Stasiun Pasalmerah - Bundaran Senayan, 1H: Tanah Abang - Stasiun Gondangdia, 1N: Tanah Abang - Blok M, dan 1P: Senen - Blok M. Ada juga 1R: Senen - Tanah Abang, 2Q: Gondangdia - Balai Kota, 6A: Ragunan - Bali Kota via Kuningan, 6B: Ragunan - Bali Kota via Semanggi, dan 9C: Pinang Ranti - Bundaran Senayan.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Selama Pembangunan Stasiun MRT Monas dan Thamrin

Sementara, sebanyak tiga rute Transjakarta tidak beroperasi sementara waktu, yakni BW1: Sejarah Jakarta, BW2: Monas Explorer, dan BW4: Pencakar Langit. Baca juga: Link Live Streaming Upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas

Modifikasi layanan rute

Mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB, ada beberapa rute yang dialihkan saat HUT TNI ke-79 berlangsung di Monas.

Berikut rinciannya: Rute 1: Blok M - Kota akan dialihkan melalui koridor 9 dan 13 dengan melayani halte Petojo, Tarakan, Tomang Raya, Kota Bambu, Kemanggisan, Petamburan, Gerbang Pemuda, Widya Chandra, Simpang Kuningan, Tegal Parang, Pancoran, Tegal Mampang, Rawa Barat, dan Pasar Santa.

Baca Juga: 40 Kartu Ucapan HUT TNI ke 79 Tahun untuk Dijadikan Konten di Instagram

Untuk sementara, halte Monumen Nasional hingga Masjid Agung tidak melayani penumpang pada rentang waktu tersebut.

Rute 2: Pulo Gadung - Monumen Nasional untuk sementara tidak melayani halte Balai Kota dan Monumen Nasional.

Rute 3: Kalideres - Monumen Nasional via Veteran untuk sementara dialihkan menjadi Kalideres - Juanda dan tidak akan melayani halte Monumen Nasional.

Rute 1A: Balai Kota - Pantai Maju untuk sementara tidak melayani halte Balai Kota dan Monumen Nasional. Dimodifikasi melayani halte Pecenongan dan Juanda.

Rute 2A: Pulo Gadung - Rawa Buaya via Balai Kota untuk sementara tidak melayani halte Balai Kota dan Monumen Nasional.

Rute 2P: Senen - Transport Hub Dukuh Atas untuk sementara tidak melayani bus stop Tosari 1 dan Transport Hub Dukuh Atas dan arah Senen tidak melayani bus stop Taman Kudus, Taman Latuharhary, dan GPIB Paulus Sunda Kelapa.

Rute 3F: Kalideres - Senayan Bank DKI untuk sementara tidak melayani halte Gerbang Pemuda dan Senayan Bank DKI.

Baca Juga: 20 Twibbon HUT KAI ke 79 Tahun yang Diperingati Setiap 28 September

4C: Pemuda Merdeka - Bundaran Senayan untuk sementara diperpendek hingga Jalan Imam Bonjol. Dan arah Bundaran Senayan sementara tidak melayani Tosari 3 - Bundaran Senayan 2 dan arah Pemuda Merdeka tidak melayani Bundaran Senayan 2 hingga Imam Bonjol.

Rute 5C : Cililitan - Juanda untuk sementara tidak melayani halte Balai Kota dan Monumen Nasional Rute 5M: Kampung Melayu - Tanah Abang via Cikini untuk sementara arah Tanah Abang tidak melayani bus stop Balai Kota 1 hingga Transjakarta Tanah Abang dan arah Kampung Melayu tidak melayani bus stop Transjakarta Tanah Abang hingga Sbr. MNC Center.

Rute 6D: Stasiun Tebet - Bundaran Senayan untuk semata arah Bundaran Senayan tidak melayani bus stop Plaza Sentral hingga Bundaran Senayan 2 dan arah Stasiun Tebet tidak melayani bus stop Bundaran Senayan 1 hingga bus stop Jalan Karet Pasar Baru Timur 5.

Rute 6M: Stasiun Manggarai - Blok M untuk sementara diperpendek menjadi Stasiun Manggarai - Simpang Kuningan dan tidak melayani bus stop Jamsostek 3, Widya Chandra, Komdak 1, Senayan Bank DKI, Bundaran Senayan, Kejaksaan Agung, dan Blok M Jalur 2.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka

Rute 6V: Ragunan - Senayan Bank DKI untuk sementara diperpendek menjadi Ragunan Kejaksaan Agung dan tidak melayani Halte Masjid Agung, Bundaran Senayan, dan Senayan Bank DKI.

Rute 7F: Kampung Rambutan - Juanda via Cempaka Putih untuk sementara tidak melayani Halte Balai Kota dan Monumen Nasional Rute 9D: Pasar Minggu - Tanah Abang untuk sementara arah Pasar Minggu tidak akan melayani bus stop Jembatan Serong hingga Benhil 1 dan arah Tanah Abang tidak melayani bus stop Benhil 2 hingga Sbr. Jembatan Serong.

Rute 10H: Tanjung Priok - Bundaran Senayan untuk sementara tidak melayani Halte Gerbang Pemuda, Senayan Bank DKI dan Bundaran Senayan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada HUT TNI di Monas, Ini Modifikasi Rute Transjakarta ", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/10/05/06371141/ada-hut-tni-di-monas-ini-modifikasi-rute-transjakarta?page=all#page2.

Selanjutnya: Ini Jadwal Pembayaran Dividen Interim Astra Otoparts (AUTO) Rp 274,72 Miliar

Menarik Dibaca: 7 Rekomendasi Film Dewasa Panas No Sensor, Sudah Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto