Ini pendorong kinerja BNI AM Inspiring Equity Fund



JAKARTA. Reksadana saham diprediksi akan membagikan return positif tahun ini. Salah satunya, BNI AM Inspiring Equity Fund yang diperkirakan akan diuntungkan oleh komposisi aset dasar berupa saham-saham blue chip.

"Selain itu, sektoral pemilihan saham seperti perbankan dan konsumsi yang cukup besar juga akan mendorong return reksadana ini," ujar Analis Infovesta Utama Beben Feri Wibowo, pekan lalu.

Menurut Beben, sektor perbankan akan mengalami kenaikan lantaran menjadi alternatif pendanaan bagi program pemerintah yang masih fokus pada pembangunan infrastruktur. Prediksi ekonomi yang lebih baik di tahun 2016 juga akan membawa dampak positif terhadap kinerja perbankan. "Sedangkan sektor Konsumsi merupakan sektor yang defensif," tutur dia.

Dia menambahkan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi sehingga memberikan sentimen positif bagi kedua sektor tersebut. Seperti, kebijakan penurunan bahan bakar minyak (BBM) yang mendorong meningkatnya konsumsi masyarakat.

Juga, pemangkasan suku bunga bank Indonesia (BI rate akan mendorong perusahaan untuk melakukan financing. "Sehingga kredit perbankan bisa tumbuh lebih baik," ujar Beben.

Kendati demikian, sentimen seperti perlambatan ekonomi China dan merosotnya harga minyak masih akan menjadi tantangan bagi pasar saham domestik. Dari dalam negeri, pasar saham akan dipengaruhi oleh rilis data ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto