KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen rokok PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) harus merasakan pangsa pasarnya tertekan akibat kenaikan harga jual eceran (HJE) rokok 12%-29% di awal tahun. Di tiga bulan pertama 2020, pangsa pasar HMSP turun menjadi 30,4%. Melansir informasi yang dipublikasikan Philip Morris International Inc, pangsa pasar mereka di Indonesia pada tahun lalu sebesar 32,7% atau 22,1 miliarĀ batang. Adapun di dalam negeri, HMSP menjual rokok merek Marlboro Dji Sam Soe, Sampoerna A, Sampoerna Kretek, dan Sampoerna U. Masih melansir data yang sama, volume penjualan rokok Dji Sam Soe turun 7,12% menjadi 6,18 miliar batang rokok. Turunnya volume penjualan merek Dji Sam Soe Magnum Mild setelah ada selisih harga yang melebar akibat cukai rokok sehingga perokok lebih memilih untuk membeli merek-merek dengan harga sangat rendah.
Ini penyebab penurunan pangsa pasar HM Sampoerna (HMSP) di kuartal I 2020
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen rokok PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) harus merasakan pangsa pasarnya tertekan akibat kenaikan harga jual eceran (HJE) rokok 12%-29% di awal tahun. Di tiga bulan pertama 2020, pangsa pasar HMSP turun menjadi 30,4%. Melansir informasi yang dipublikasikan Philip Morris International Inc, pangsa pasar mereka di Indonesia pada tahun lalu sebesar 32,7% atau 22,1 miliarĀ batang. Adapun di dalam negeri, HMSP menjual rokok merek Marlboro Dji Sam Soe, Sampoerna A, Sampoerna Kretek, dan Sampoerna U. Masih melansir data yang sama, volume penjualan rokok Dji Sam Soe turun 7,12% menjadi 6,18 miliar batang rokok. Turunnya volume penjualan merek Dji Sam Soe Magnum Mild setelah ada selisih harga yang melebar akibat cukai rokok sehingga perokok lebih memilih untuk membeli merek-merek dengan harga sangat rendah.