Ini Peralatan Dapur Bekas yang Sebaiknya Tidak Dibeli!



MOMSMONEY.ID - Saat ke toko peralatan bekas, jangan beli peralatan dapur bekas ini ya Moms!

Bagi Anda yang suka berburu barang bekas, tentu berkunjung ke toko peralatan bekas adalah hal yang menyenangkan. Di sana juga ada peralatan dapur bekas atau antik.

Membeli beberapa barang bekas memang bisa menghemat pengeluaran kita dibanding beli benda baru. Selain itu barang bekas bisa memberikan sentuhan vintage yang apik. 


Baca Juga: 4 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Kesehatan, Bikin Nyeri Punggung!

Namun beberapa barang bekas terutama peralatan dapur tidak aman untuk memasak. Selain itu, peralatan dapur bekas belum tentu berguna sesuai fungsinya dan malah memenuhi isi rumah.

Oleh karena itu, melansir Martha Stewart, ini daftar perlatan bekas dapur bekas yang sebaiknya tidak dibeli!

Panci tembaga untuk memasak

Apabila Anda ingin mencari panci bekas, periksa lebih dulu apakah panci tembaha masih memiliki lapisan timah yang utuh. Lapisan timah yang sudah usang di panci tembaga tidak aman untuk memasak di suhu tinggi. 

Jika lapisan timah pada panci tembaga bekas sudah hilang, biasanya tembaga akan terlihat. Sehingga perlu dilapisi ulang dengan timah supaya aman digunakan untuk memasak. 

Papan potong kayu antik

Saat mencari barang bekas untuk dapur, Anda akan menemukan banyak talenan kayu bekas. Bisa saja usianya sudah bertahun-tahun. Ini tentu membuat talenan kayu bekas tidak bisa lagi digunakan untuk menyiapkan bahan makanan, terutama jika kayunya sudah rusak. 

Baca Juga: 9 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kiwi Salah satunya

Peralatan masak anti lengket

Biasanya di toko peralatan bekas, peralatan masak anti lengket bekas kondisinya sudah ada goresan. Ini membuat sebagian besar panci atau wajan anti lengket bekas tidak baik untuk makanan karena berpotensi melepaskan partikel beracun ke dalam makanan. 

Keramik antik

Gelas atau piring keramik biasanya memiliki lapisan cat timbal. Lapisan ini bisa mengkontaminasi makanan atau minuman panas Anda atau makanan yang bersifat asam tinggi. Jadi jangan beli peralatan keramik bekas ya Moms!

Microwave, pemanggang roti dan mixer bekas

Saat ini benda-benda tersebut banyak dijual baru dengan harga murah. Selisihnya tidak terlalu signifikan dengan barang-barang bekas. Dari pada Anda membeli barang bekas dan cepat rusak, sebaiknya beli peralatan yang masih baru dan memiliki garansi.

Baca Juga: Dukung Kebutuhan Gizi Anak, JAPFA Kolaborasi dengan PKGK UI

Peralatan masak alumunium

Aluminium tidak selalu berbahaya, tetapi jika panci dan wajan aluminium sudah tidak layak pakai, maka ada kemungkinan terpapar bahan kimia tergantung pada apa yang Anda masak. Aluminium dapat bereaksi dengan makanan asam dan mungkin larut.

Itu tadi peralatan dapur bekas yang sebaiknya tidak Anda beli. Beli peralatan dapur yang baru demi menjaga makanan dan minuman Anda tetap sehat untuk tubuh.

Selanjutnya: KAM-Tren Warna Cat Rumah Tahun 2025, Behr Pilih Merah Klasik: Rumor!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta