Ini perilaku konsumen memakai ponsel saat belanja



Sebagian besar konsumen di Amerika Serikat rupanya memanfaatkan ponsel pintar (smartphone) saat berbelanja di pertokoan. Perilaku konsumen ini ternyata dipantau oleh peritel seperti Target dan Best Buy.Para peritel ini bahkan mendorong konsumen menggunakan ponsel untuk memantau karateristik pelanggannya. Target misalnya memberikan beragam kartu ucapan dan hadiah lainnya ketika berkunjung via internet dan memindai produk dalam toko. Sementara, peritel lain, Best Buy berusaha menghalangi konsumen dengan menutupi barcode produknya. Tujuannya untuk memancing konsumen membandingkan harga produk yang sama kompetitornya. Nah, hasil survei baru-baru ini yang dilakukan Emphatica terhadap 6.500 pengguna internet di Amerika Serikat menunjukkanya ternyata 52% diantaranya memakai ponsel saat belanja. Sebanyak 55% dari pengguna ponsel ini ternyata menggunakannya untuk membandingkan harga produk antara satu peritel dengan lainnya.Lalu, sebanyak 34% konsumen memindai kode QR terlebih dahulu sebelum berbelanja. Sebanyak 27% membaca tinjauan produk sebelum memutuskan untuk membeli.Berikut aktivitas konsumen ritel dalam menggunakan social media dan perangkat online;1. Sebanyak 55% menyukai merek yang ada di Facebook.2. Sebesar 37% mengunjungi situs merek barang tertentu lewat ponsel3. Sebesar 31% membeli kupon dari situs belanja4. Sebesar 27% memeriksa lokasi toko lewat ponsel5. Sebesar 26% mengunduh aplikasi mobil merek tertentu6. Sebesar 23% memindai kode QR7. Sebanyak 8% men-twit tentang suatu merek.


Editor: Edy Can