KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google Indonesia beberkan data perilaku
online masyarakat Indonesia pada bulan ramadan. Ariani Dwijayanti,
Industry Analyst Google Indonesia mengatakan sembilan dari 10 orang di Indonesia adalah muslim. Sehingga berdasarkan data internal Google terjadi kenaikan pencarian mengenai ramadan sebesar 33% di 2017 dibandingkan 2016. "Tren ini mulai sejak dua minggu sebelum hingga dua minggu setelah ramadan. Puncaknya ada dua periode yakni di minggu pertama ramadan dan minggu terakhir ramadan," ujar Ariani Kamis (3/5) di Jakarta.
Menariknya pertumbuhan pencarian aktivitas religi di Google naik 34% (
year on year/yoy) pada 2017. Ambil contoh mengenai zakat. Terdapat 60% mencari organisasi pengelola zakat, 15% mencari informasi mengenai zakat via
online, dan 25% mengenai pemaknaan zakat itu sendiri. "Tren pencarian konten religi dan musik selalu naik di bulan ramadan, naik 50% dibandingkan bulan-bulan biasa," jelas Ariani. Yudistira Adi Nugroho,
Industry Analyst Google Indonesia menambahkan masyarakat Indonesia lebih lama menghabiskan waktu mengakses Youtube selama bulan ramadan. Peningkatannya 50% dibandingkan bulan-bulan biasa. "Sedangkan pencarian mengenai berbelanja mulai pada satu minggu sebelum ramadan. Puncaknya pada minggu pertama dan ketiga. Kenaikan mencari
shopping terutama promosi naik empat kali lipat dibandingkan bulan biasa," jelas Yudistira. Lima jenis produk yang paling banyak dicari selama bulan ramadan adalah
retail & groceries, travel, gadget & telecom, e-commerce, dan kartu kredit.
Astri Suhaimi,
Industry Analyst Google Indonesia bilang, selama ramadan terjadi kenaikan pencarian
fastfood, restaurant, bakery sebesar 20% dibandingkan bulan-bulan biasa. Lantaran masyarakat ingin berkumpul dengan keluarga selama bulan ramadan saat buka puasa atau sahur. "Pencarian kereta api untuk mudik melonjak 37% (yoy) di 2017 saat pertama kali diumumkan atau 90 hari sebelum lebaran. Sedangkan pada pengumuman penambahan tiket kereta api naik 1,4 kali," papar Astri. Astri bilang, pencarian tiket pesawat paling besar terjadi sesaat setelah lebaran ketika hendak mendapatkan tiket balik. Pertumbuhan pencarian tiket pesawat mencapai 30% (yoy) pada 2017. Sedangkan pencarian mengenai hotel dan penginapan mengalami puncaknya pada saat lebaran. Peningkatan pencarian hotel dan penginapan di 2017 naik 26% (yoy). Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi