MOMSMONEY.ID - Persaingan e-commerce di Indonesia tak lagi hanya soal transaksi dan diskon. Berdasarkan riset Ipsos Indonesia bertajuk E-Commerce Seller Satisfaction 2025, dukungan terhadap UMKM dan brand lokal kini menjadi pembeda utama antar platform besar seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada. “Yang menarik adalah bagaimana tiap platform mulai berlomba bukan sekadar berebut transaksi, tapi juga menunjukkan perannya dalam mendukung UMKM dan brand lokal untuk tumbuh,” ujar Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia dalam keterangan resmi Kamis (17/7). Riset dilakukan terhadap 350 pelaku UMKM dan brand lokal dari seluruh Indonesia. Hasilnya, Shopee menjadi platform yang paling diingat (66% Top of Mind) dan paling sering digunakan (70% Brand Used Most Often) oleh para penjual.
Ini Persepsi UMKM terhadap Marketplace
MOMSMONEY.ID - Persaingan e-commerce di Indonesia tak lagi hanya soal transaksi dan diskon. Berdasarkan riset Ipsos Indonesia bertajuk E-Commerce Seller Satisfaction 2025, dukungan terhadap UMKM dan brand lokal kini menjadi pembeda utama antar platform besar seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada. “Yang menarik adalah bagaimana tiap platform mulai berlomba bukan sekadar berebut transaksi, tapi juga menunjukkan perannya dalam mendukung UMKM dan brand lokal untuk tumbuh,” ujar Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia dalam keterangan resmi Kamis (17/7). Riset dilakukan terhadap 350 pelaku UMKM dan brand lokal dari seluruh Indonesia. Hasilnya, Shopee menjadi platform yang paling diingat (66% Top of Mind) dan paling sering digunakan (70% Brand Used Most Often) oleh para penjual.
TAG: