KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (
EXCL) memproyeksikan trafik layanan akan meningkat di kisaran 10%–20% dibandingkan hari biasa selama periode libur panjangan lebaran. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk bersilaturahmi.
Baca Juga: Tahun Ini XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun, untuk Apa Saja? "Trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/3). Gede bilang selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi yang dilakukan XL Axiata berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. "Untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 kali–3 kali lipat dari hari normal," jelas Gede.
Baca Juga: XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun pada 2024 Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.
Geda mengatakan lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian juga mendapat perhatian. Misalnya, lokasi wisata, pusat perbelanjaan dan tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi. XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran. Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto