KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) memproyeksikan trafik layanan akan meningkat di kisaran 10%–20% dibandingkan hari biasa selama periode libur panjangan lebaran. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk bersilaturahmi. Baca Juga: Tahun Ini XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun, untuk Apa Saja?
"Trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/3). Gede bilang selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi yang dilakukan XL Axiata berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. "Untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 kali–3 kali lipat dari hari normal," jelas Gede.
EXCL Chart by TradingView