Ini Posisi Tidur yang Tepat bagi Ibu Hamil



MOMSMONEY.ID - Yuk, simak penjelasan posisi tidur yang paling tepat bagi ibu hamil berikut ini.

Melansir Sleep Foundation, ternyata, banyak perempuan mengalami kesulitan tidur selama masa kehamilan.

Mulai dari rasa tidak nyaman pada fisik, perubahan hormon dan kegembiraan, hingga kecemasan menjadi baru bisa menjadi beberapa alasan yang menyebabkan adanya masalah tidur. 


Baca Juga: Promo Burger King Paket Ulang Tahun edisi Spider-Man, Banyak Mainan Cuma Rp 20.000

Padahal, tidur adalah bagian yang penting selama masa kehamilan. Nah, untuk bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik, ada cara tidur yang tepat untuk para ibu hamil. 

Tidur menghadap kiri dengan kaki sedikit melengkung dianggap sebagai posisi tidur terbaik saat hamil.

Posisi tidur ini bisa memperlancar aliran darah ke jantung, ginjal, dan rahim. Serta, bisa meningkatkan pengiriman oksigen dari nutrisi ke janin. 

Namun, sebenarnya, tidur menghadap kanan pun diperbolehkan selama masa kehamilan. Meski, tidak seoptimal saat Anda tidur menghadap sebelah kiri. 

Nah, ada baiknya Anda menggunakan beberapa bantal tambahan agar nyaman tidur miring. Terutama, jika Anda tidak terbiasa dengan posisi tidur ini. 

Coba tambahkan bantal untuk menopang perut Anda. Lalu, tambahkan bantal tipis antara kedua lutut untuk membantu mengurangi takanan pada punggung bagian bawah. 

Baca Juga: Bagus buat Payudara, Ini 4 Manfaat Tidak Memakai Bra untuk Kesehatan

Saat rahim terus membesar, tidur telentang selama masa kehamilan dapat menyebabkan sakit punggung dan memberi tekanan pada pembuluh darah Vena Cava.

Adapun Vena Cava adalah salah satu pembuluh darah vena utama tubuh, sehingga dapat mengganggu aliran darah dan menyebabkan pusing. 

Meskipun tidur terlentang tidak masalah untuk jangka waktu singkat, sebaiknya hindari jika memungkinkan.

Selain itu, tidur tengkurap dirasan tidak nyaman karena perut sudah mengeras dan membesar karena adanya janin di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta