KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rangkaian kampanye akhir tahun Shopee ditutup dengan berakhirnya kampanye 12.12 Birthday Sale 2024. Kampanye yang berlangsung dari 15 November hingga 12 Desember 2024 lalu telah menorehkan dampak positif untuk para penjual. Dalam kampanye ini, Shopee mencatat kenaikan penjualan brand lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga 7 kali lipat pada puncak 12.12 dibandingkan hari biasanya. Monica Vionna,
Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka.
"Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024," ujar dia dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Sabtu (14/12). Para pengguna turut menikmati rangkaian penawaran menarik Shopee pada 12 Desember, mulai dari promo untuk produk brand lokal dan UMKM hingga keseruan belanja lewat fitur interaktif.
Baca Juga: Penjualan Brand Lokal & UMKM Naik 7 Kali Lipat di 12.12 Birthday Sale Hal ini berdampak langsung pada lonjakan pesanan, di mana banyak penjual mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan berkat visibilitas yang lebih tinggi akan produk brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye 12.12. Peningkatan tren belanja ini juga sejalan dengan semakin banyak pengguna yang memanfaatkan kampanye 12.12 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari produk-produk brand lokal dan UMKM di berbagai kategori. Pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, para penjual dan produk di beberapa kategori juga berhasil menjadi favorit pengguna. Salah satunya adalah atasan dan tas wanita yang menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat. Dalam hal ini, cardigan, kemeja, dan tas selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun. Selain itu, pemesanan produk kosmetik wajah serta parfum dan wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat. Para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, sehingga bedak wajah, lipstik, dan eau de parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli. Tak hanya itu, masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah. Hal ini terlihat dari kategori kebersihan dan binatu yang pemesanannya meningkat hingga 18 kali lipat. Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan detergen.
Baca Juga: Mendag Budi Santoso Jadi Host Live Shopping Spesial Harbolnas 12.12 Di penghujung tahun 2024, gaya berbelanja interaktif yang interaksi penjual dan pembeli semakin menjadi sebagai daya tarik utama. Tren ini terus mengalami peningkatan mengingat semakin banyak pembeli yang semakin mengutamakan pengalaman belanja yang interaktif dan personal. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Shopee senantiasa mengembangkan berbagai program dan fitur yang dirancang untuk menciptakan ekosistem yang dinamis. Tidak hanya memfasilitasi transaksi, program serta fitur yang dihadirkan juga berfokus untuk membangun hubungan yang lebih erat antara pengguna, penjual, dan konten kreator. Seiring masifnya tren jual beli online lewat live streaming, tidak heran jika Shopee Live terus menjadi fitur favorit bagi seluruh ekosistem Shopee. Pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM yang menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan. Kemeriahan festival belanja akhir tahun yang sekaligus menjadi momen selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 ini turut dirasakan oleh para konten kreator, di mana jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate mengalami peningkatan 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna Shopee yang mencari dan membeli rekomendasi produk brand lokal dan UMKM melalui konten menarik dari para kreator. Sinergi dari ekosistem Shopee kali ini sangat terlihat dari kolaborasi para penjual dan konten kreator yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk memaksimalkan potensi bersama.
Baca Juga: Transaksi Harbolnas Melonjak, Waspada Kejahatan Serangan Siber Monica menambahkan, Shopee sangat berterima kasih atas kolaborasi positif dan kepercayaan yang luar biasa dari para pengguna, penjual, dan kreator dalam ekosistem Shopee.
"Ke depannya, kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” tutup dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari