Ini Proyek Adhi Karya (ADHI) yang Bakal Selesai di Tahun 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) tengah mengebut pembangunan sejumlah proyek untuk ditargetkan selesai di tahun 2024.

Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson mengatakan, ada beberapa proyek yang memang ditargetkan selesai di tahun 2024.

Pertama, proyek pembangunan Tol Jogjakarta - Solo ruas 1 paket 1 (Kartasura-Purwomartani). Pada bulan September 2024, ruas jalan Tol Jogja - Solo kilometen 0-23 (sampai Klaten) akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sisanya, akan ditargetkan selesai di akhir tahun 2024.


“Nilai proyek ini cukup besar, yaitu Rp 4 triliun - Rp 6 triliun,” ujarnya dalam paparan publik, Rabu (28/8).

Kedua, Jalan Tol Jogjakarta-Bawen. Ketiga, Jalan Tol Banda Aceh - Sigli. Selain itu, ada beberapa proyek di IKN yang tengah dikerjakan dan dikebut untuk selesai di tahun ini.

“Total nilai kontrak di IKN sebesar Rp 10 triliun dan sebagian besar didorong untuk selesai di akhir tahun ini,” ujar Direktur Operasi I ADHI, A Suko Widigdo dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: Per Juli 2024, Kontrak Baru ADHI Tembus Rp 12 Triliun

Selain itu, Entus mengungkapkan, ADHI juga mempunyai dua obligasi yang jatuh tempo di bulan Mei 2024 dengan nilai Rp 475 miliar dan bulan Agustus 2024 dengan nilai Rp 473 miliar.

“Keduanya sudah kami bayarkan tanggal 23 Agustus. Sudah selesai,” ungkapnya.

Ke depan, ADHI pun berencana untuk kembali menerbitkan obligasi untuk menambah modal kerja. Rencana ini dilandaskan oleh turunnya liabilitas perseroan di semester I 2024.

Penurunan liabilitas itu berasal pembayaran obligasi jatuh tempo di tahun ini dan juga pembayaran proyek LRT Jabodetabek Rp 4,1 triliun di awal tahun 2024.

“Ada ruang penurunan Rp 3 triliun yang akan coba kami gunakan untuk tambahan modal kerja. Penambahan obligasi ini juga mengomposisikan agar utang jangka panjang lebih besar,” paparnya.

Selanjutnya: Mirae Asset Financial Center Lebak Bulus Jadi Pusat Layanan Keuangan Baru di Jaksel

Menarik Dibaca: Dukung Gaya Hidup Sehat, Philips Luncurkan Alkaline Water Dispenser

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati