JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengimplementasikan tahap pertama sistem teknologi informasi (IT) Enterpise Resource Planning (ERP) pada hari ini, Rabu (2/1). Rencananya, pengembangan ini dilakukan dalam tiga tahap hingga pertengahan tahun 2014. Menurut Gunawan Agus Subrata, Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I, sistem ERP ini merupakan sistem pertama yang ada di Indonesia. "Di dalam negeri kami yang pertama, beberapa bulan lebih dulu dibanding PT Angkasa Pura II," ujar Gunawan saat ditemui di kantornya, Rabu (2/1). Gunawan menjelaskan akan ada tiga tahap pengembangan sistem IT yang dilakukan PT Angkasa Pura I. Ketiga tahap pengembangan tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp 64 miliar. Tahap pertama sebesar Rp 20 miliar dan dua tahap berikutnya mengeluarkan sebesar Rp 44 miliar. Berikut ketiga detail pengembangan IT tersebut:- Tahap pertama Tahap pertama meliputi sistem keuangan perusahaan. Alasannya, karena semua kegiatan perusahaan bermuara di sektor keuangan. "Jadi muaranya kita bikin dulu, kemudian interfacing dengan pendapatan," ujarnya.- Tahap kedua Tahap kedua pengembangan sistem ERP akan berkaitan dengan pemeliharaan fasilitas yang dimiliki oleh PT Angkasa Pura I. "Karena biaya pemeliharaan (fasilitas) besar jadi mengharuskan kami melakukan pengendalian yang baik," ujar Gunawan.-Tahap ketiga
Ini rencana pengembangan sistem IT Angkasa Pura I
JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengimplementasikan tahap pertama sistem teknologi informasi (IT) Enterpise Resource Planning (ERP) pada hari ini, Rabu (2/1). Rencananya, pengembangan ini dilakukan dalam tiga tahap hingga pertengahan tahun 2014. Menurut Gunawan Agus Subrata, Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I, sistem ERP ini merupakan sistem pertama yang ada di Indonesia. "Di dalam negeri kami yang pertama, beberapa bulan lebih dulu dibanding PT Angkasa Pura II," ujar Gunawan saat ditemui di kantornya, Rabu (2/1). Gunawan menjelaskan akan ada tiga tahap pengembangan sistem IT yang dilakukan PT Angkasa Pura I. Ketiga tahap pengembangan tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp 64 miliar. Tahap pertama sebesar Rp 20 miliar dan dua tahap berikutnya mengeluarkan sebesar Rp 44 miliar. Berikut ketiga detail pengembangan IT tersebut:- Tahap pertama Tahap pertama meliputi sistem keuangan perusahaan. Alasannya, karena semua kegiatan perusahaan bermuara di sektor keuangan. "Jadi muaranya kita bikin dulu, kemudian interfacing dengan pendapatan," ujarnya.- Tahap kedua Tahap kedua pengembangan sistem ERP akan berkaitan dengan pemeliharaan fasilitas yang dimiliki oleh PT Angkasa Pura I. "Karena biaya pemeliharaan (fasilitas) besar jadi mengharuskan kami melakukan pengendalian yang baik," ujar Gunawan.-Tahap ketiga