Ini rencana restrukturisasi utang Tiga Pilar (AISA)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) tengah menyiapkan rencana untuk merestrukturisasi utang mereka. Beberapa opsi disiapkan antara lain penjualan unit bisnis beras, serta melakukan restrukturisasi intrumen utang bank dan obligasi secara menyeluruh.

Sumber Kontan.co.id membisikkan, AISA akan terus melakukan pembicaraan dengan pembeli potensial aset beras. Nilai perusahaan aset beras tersebut sebesar Rp 2,7 triliun.

Selain penjualan unit bisnis beras, AISA akan mengkonsolidasikan restrukturisasi utang AISA dan anak usahanya. AISA berencana melakukan konversi ekuitas atau melakukan pembayaran obligasi sebesar Rp 2,1 triliun dan utang bank sebesar Rp 1 triliun, sehingga kelak akan meninggalkan sisa utang sebesar Rp 1,5 triliun. Bukan itu saja, AISA juga akan melakukan pencarian dana dengan skema rights issue sebesar Rp 500 miliar.

Rencana likuidasi divisi beras Tiga Pilar pun akan menjadi salah satu opsi. Nilai aset PT Dunia Pangan dan anak usahanya sendiri sekitar Rp 1,9 triliun. Kendati demikian opsi penjualan secara bisnis atau divestasi divisi beras ditaksir akan lebih tinggi yakni Rp 2,7 triliun.

Sumber tersebut menambahkan, objektif hasil akhir dari restrukturisasi ini, AISA ke depannya akan fokus dengan divisi makanan. Lalu, total sisa utang setelah restrukturisasi turun menjadi Rp 1,5 triliun, target debt to equity kurang dari 1 kali serta target debt to EBITDA menjadi kurang dari 3 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat