JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mengembangkan konsep High Grade Highway (HGH) pada Trans Sumatera. Konsep ini berupa jalan bebas hambatan dan jalan tol. Jalan bebas hambatan merupakan jalan yang bisa diakses secara gratis, sementara jalan tol ditetapkan biaya khusus. HGH diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan akses, mengurangi biaya transportasi, dan memberi strimulus terhadap pertumbuhan sektor industri, pariwisata, lapangan kerja, dan pertumbuhan regional. Menurut data yang diterima Kompas.com, HGH Sumatera rencananya akan terbentang sepanjang pantai Timur Sumatera dengan perkiraan 2.048 kilometer. Estimasi biaya pembebasan lahan dengan lebar minimum 60 meter adalah Rp 22,53 triliun. Sementara biaya konstruksi yang dibutuhkan adalah Rp 144 triliun dan investasi sebesar Rp 273 triliun.
Ini rencana rinci proyek Tol Trans Sumatera
JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mengembangkan konsep High Grade Highway (HGH) pada Trans Sumatera. Konsep ini berupa jalan bebas hambatan dan jalan tol. Jalan bebas hambatan merupakan jalan yang bisa diakses secara gratis, sementara jalan tol ditetapkan biaya khusus. HGH diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan akses, mengurangi biaya transportasi, dan memberi strimulus terhadap pertumbuhan sektor industri, pariwisata, lapangan kerja, dan pertumbuhan regional. Menurut data yang diterima Kompas.com, HGH Sumatera rencananya akan terbentang sepanjang pantai Timur Sumatera dengan perkiraan 2.048 kilometer. Estimasi biaya pembebasan lahan dengan lebar minimum 60 meter adalah Rp 22,53 triliun. Sementara biaya konstruksi yang dibutuhkan adalah Rp 144 triliun dan investasi sebesar Rp 273 triliun.