KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Potensi jumlah konsumen Indonesia menjadi salah satu pasar utama bagi produsen ponsel. Apalagi saat ini semua merek menawarkan produk dan harga yang setara. CEO Xiaomi Lei Jun menyatakan untuk bisa menguasai pasar ponsel di global pihaknya punya strategi agar harga jual kompetitif serta produk tetap bersaing. Lewat investasi di bahan baku serta pengembangan dan riset (R&D). "Untuk marketing, distribusi, penjualan kami tidak investasi. Bahkan profit marjin pun kami tidak ambil," tutur Lei Jun beberapa saat lalu. Menurutnya hal itu membuat perusahaan menghemat pengeluaran. Sehingga perusahaan bisa terus mengembangkan produk baru. Egidius Situmorang, Retail Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia mengatakan saat ini pihaknya terus menargetkan semua segmen. Hal ini tentu supaya mengejar target penjualan yang maksimal. "Masing-masing segmen punya karaterisitik yang berbeda dan kami punya solusinya," kata Egidius akhir pekan lalu. Untuk itu, Samsung terus berusaha memenuhi kebutuhan pasar. Salah satu kuncinya dengan adanya pabrik di Cikarang yang bisa memastikan ketersediaan ponsel. "Service center kami bisa dibilang terbanyak di Indonesia untuk bisa memenuhi kebutuhan after sales," kata Egidius. Marketing Director Polytron, Tekno Wibowo menjelaskan sebagai produksen lokal Polytron punya strategi memberikan kombinasi produk berkualitas dan layanan konten ekslusif. Seperti langganan MU TV gratis selama setahun.
Ini resep produsen ponsel hadapi persaingan pasar
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Potensi jumlah konsumen Indonesia menjadi salah satu pasar utama bagi produsen ponsel. Apalagi saat ini semua merek menawarkan produk dan harga yang setara. CEO Xiaomi Lei Jun menyatakan untuk bisa menguasai pasar ponsel di global pihaknya punya strategi agar harga jual kompetitif serta produk tetap bersaing. Lewat investasi di bahan baku serta pengembangan dan riset (R&D). "Untuk marketing, distribusi, penjualan kami tidak investasi. Bahkan profit marjin pun kami tidak ambil," tutur Lei Jun beberapa saat lalu. Menurutnya hal itu membuat perusahaan menghemat pengeluaran. Sehingga perusahaan bisa terus mengembangkan produk baru. Egidius Situmorang, Retail Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia mengatakan saat ini pihaknya terus menargetkan semua segmen. Hal ini tentu supaya mengejar target penjualan yang maksimal. "Masing-masing segmen punya karaterisitik yang berbeda dan kami punya solusinya," kata Egidius akhir pekan lalu. Untuk itu, Samsung terus berusaha memenuhi kebutuhan pasar. Salah satu kuncinya dengan adanya pabrik di Cikarang yang bisa memastikan ketersediaan ponsel. "Service center kami bisa dibilang terbanyak di Indonesia untuk bisa memenuhi kebutuhan after sales," kata Egidius. Marketing Director Polytron, Tekno Wibowo menjelaskan sebagai produksen lokal Polytron punya strategi memberikan kombinasi produk berkualitas dan layanan konten ekslusif. Seperti langganan MU TV gratis selama setahun.