Ini Risiko Meletakkan Microwave di Atas Kulkas, Jangan Coba-Coba



MOMSMONEY.ID - Banyak dari kita memilih meletakan microwave di atas kulkas saat dapur sudah penuh. Namun, apakah boleh meletakkan microwave di atas kulkas?

Melansir The Spruce, Interior Desainer Carry On Design Co Jamie Foehr mengatakan, ternyata ada risiko yang cukup berbahaya jika Anda meletakkan microwave di atas kulkas. 

Keduanya membutuhkan arus listrik lebih besar daripada yang dibutuhkan jika Anda meletakkan microwave di atas kulkas. Selain itu, keduanya juga akan mengeluarkan banyak panas dan membutuhkan ventilasi yang memadai.


Baca Juga: Daftar 4 HP Flagship Terbaik September 2024 yang Jadi Unggulan

Risiko meletakkan microwave di atas kulkas

Bisa mengganggu sirkuit Anda

Microwave dan kulkas membutuhkan listrik dalam jumlah yang signifikan. Apabila Anda mencolokkan microwave ke dinding yang sama dengan kulkas, maka risikonya beban listrik jadi cukup besar sehingga tidak aman. 

Faktanya, lemari es seringkali memerlukan sirkuit khusus karena dapat menarik daya hingga 20 ampere. Demikian pula microwave yang menggunakan 15 ampere.

Jika dicolokkan di stopkontak yang sama, maka hampir pasti risiko meletakkan microwave di atas kulkas akan memutuskan sirkuit. 

Baca Juga: Instagram Rilis Akun Khusus Remaja & Cara Aktifkan, Bisa Diawasi Orangtua

Mencegah sirkulasi udara yang tepat

Kulkas memerlukan sirkulasi udara yang baik di semua sisi agar dapat beroperasi dengan baik. Sehingga, akan menimbulkan risiko jika meletakkan microwave di atas kulkas. 

Setidaknya Anda harus memberi jarak kulkas dengan alat elektronik lainnya sekitar 3-5 cm. Dengan meletakkan microwave di atas kulkas, Anda mencegah sirkulasi udara yang memadai. Ini membuat kompresor kulkas bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kulkas terlalu panas. 

Menurunkan efisiensi penggunaan listrik

Risiko meletakkan microwave di atas kulkas selanjutnya, Anda akan lebih boros listrik. Kita semua memahami bahwa gelombang microwave dirancang untuk memanaskan. Sedangkan lemari es memiliki sistem sebaliknya. 

Lemari es bekerja untuk membuang panas. Sehingga, meletakkan microwave di atas kulkas akan memengaruhi efiensi kulkas karena membutuhkan lebih banyak energi untuk pendinginan.

Baca Juga: Promo Liburan Musim Dingin Keliling Eropa Cuma 43 Juta-an

Menimbulkan bahaya kebakaran

Meletakkan microwave di atas lemari es seringkali menghasilkan panas yang terkonsentrasi dalam jumlah besar. Selain membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan isinya, panas berlebih dari kedua peralatan juga bisa menimbulkan risiko kebakaran. 

Dapat merusak microwave

Meletakkan microwave di atas kulkas juga memiliki risiko merusak microwave. Kita tahu proses pendinginan kulkas dilakukan dengan memindahkan panas dari dalam ke luar kulkas. Sehingga, kulkas juga mengeluarkan panas yang bisa merusak microwave.

Selain itu, kulkas juga memiliki kompresor yang menghasilkan getaran saat bekerja. Ini juga bisa merusak microwave serta peralatan lain yang disimpan di atas kulkas. 

Itu tadi daftar risiko jika Anda meletakkan microwave di atas kulkas. Sehingga, carilah lokasi yang aman, yang tidak menempel dengan peralatan elektronik lainnya dan tidak dekat dengan sumber air. 

Selanjutnya: Promo McD x BCA Edisi 25 September 2024, Diskon Rp 25.000 via Drive Thru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta