Ini Rudal Udara Terbaru AS yang Bisa Geser Keunggulan China di Laut China Selatan



KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Menurut para ahli, pengerahan rudal air-to-air (udara-ke-udara) untuk jarak sangat jauh terbaru milik Angkatan Laut AS di Indo-Pasifik dapat menggeser keunggulan China dalam jangkauan udara. 

Rudal yang dimaksud adalah rudal pertahanan udara SM-6, yang dikembangkan dari Raytheon. Ini merupakan rudal jarak terjauh yang pernah dimiliki Amerika Serikat dan secara resmi diakui pada bulan Juli.

Reuters melaporkan, rudal ini memiliki tiga keunggulan Utama. Pertama, dapat terbang beberapa kali lebih jauh daripada opsi terbaik AS berikutnya, AIM-120 AMRAAM.


Kedua, tidak memerlukan jalur produksi baru. Ketiga,  kompatibel dengan pesawat setidaknya satu sekutu, Australia. 

Yang terpenting, senjata seperti AIM-174B, yang dapat menyerang target udara sejauh 400 km (250 mil), memiliki jangkauan lebih jauh dari rudal PL-15 milik China, yang memungkinkan jet tempur AS untuk menjaga ancaman lebih jauh dari kapal induk, dan dengan aman menyerang target China yang "bernilai tinggi", seperti pesawat komando dan kendali.

"Amerika Serikat dapat memastikan keamanan aset penting mereka, seperti kelompok kapal induk, dan melancarkan serangan jarak jauh terhadap target PLA," kata Chieh Chung, seorang peneliti di lembaga pemikir yang berbasis di Taipei, Association of Strategic Foresight, menggunakan singkatan untuk Tentara Pembebasan Rakyat.

Baca Juga: Filipina Marah Atas Tindakan China yang Berbahaya di Laut China Selatan

Barat belum dapat melakukannya dengan mudah hingga saat ini.

AIM-120, rudal jarak jauh standar untuk pesawat AS, memiliki jangkauan maksimum sekitar 150 km (93 mil). Kondisi ini mengharuskan pesawat peluncur untuk terbang lebih dalam ke wilayah yang diperebutkan, sehingga kapal induk menghadapi bahaya serangan antikapal yang lebih besar. 

Segala jenis konflik Laut China Selatan, dalam apa yang disebut Rantai Pulau Pertama, yang membentang dari Indonesia di timur laut hingga daratan Jepang, berarti Angkatan Laut AS akan beroperasi dalam jarak beberapa ratus kilometer dari musuhnya, China.

Mendukung Taiwan dalam invasi akan menarik Angkatan Laut lebih dekat lagi.

Baca Juga: Presiden Filipina: Relasi AS-Filipina Membantu Respons 'Lincah' Terhadap China

AIM-174B mengubah persamaan itu, menjauhkan pesawat pemburu kapal induk PLA dari jarak tembak dan bahkan membahayakan pesawat mereka yang menyerang Taiwan, kata Cheih. Itu meningkatkan kemungkinan Amerika Serikat akan terlibat dalam konflik besar di kawasan itu, tambahnya.

"Hal terpenting adalah hal itu memungkinkan Amerika Serikat untuk maju sedikit lebih jauh ke Laut China Selatan selama konflik," kata seorang analis teknis pertahanan senior AS, yang menolak disebutkan namanya karena masalah itu sensitif.

Dia menambahkan, "Dan itu berpotensi mengubah perilaku Tiongkok karena akan membuat pesawat besar, lambat, dan tidak dapat bermanuver berada pada risiko yang lebih besar." 

Selanjutnya: Penjualan Mobil Listrik Nasional Capai 17.826 Unit Hingga Juli 2024

Menarik Dibaca: Promo McD 15-18 Agustus 2024 Ada Paket Merdeka Gratis Kupon dan Diskon Makanan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie