Ini Sebab Kurs Rupiah Menguat ke Rp 15.540 Per Dolar AS, Selasa (15/10) Pagi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat di awal perdagangan Selasa (15/10). Ini adalah penguatan rupiah dalam tiga hari perdagangan berturut-turut terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Selasa (15/10) pukul 9.25 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 15.540 per dolar AS. Kurs rupiah menguat 0,17% jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.566 per dolar AS.

Pergerakan rupiah pagi ini memimpin mata uang Asia di tengah kabar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diminta Presiden Prabowo Subianto untuk melanjutkan jabatan di kabinet mendatang.


Penguatan rupiah pagi ini diikuti oleh yen Jepang, baht Thailand, dan dolar Singapura. Sementara yuan China, ringgit Malaysia, peso Filipina, won Korea, dolar Hong Kong, dan dolar Taiwan.

Di sisi sebaliknya, dolar AS melemah terhadap mata uang utama dunia setelah melonjak di awal pekan. Meski melemah, indeks dolar masih berada di 103,21 pada pagi ini. Kemarin, indeks dolar menyentuh level tertinggi sejak 2 Agustus 2024 atau dalam lebih dari 10 pekan.

Selanjutnya: Terungkap? Menguak Misteri di Balik Identitas Satoshi Nakamoto Pencipta Bitcoin

Menarik Dibaca: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs China Nanti Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati