Ini sektor yang menopang kenaikan penjualan Kino Indonesia (KINO) di kuartal I-2020



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen barang konsumer, PT Kino Indonesia Tbk mencatatkan kinerja prima di kuartal pertama 2020. Pada peridoe Januari hingga Maret 2020 lalu, emiten berkode saham KINO ini membukukan penjualan sebesar Rp 1,11 triliun, naik 11,08% dibandingkan penjualan periode sama tahun lalu.

Direktur Keuangan KINO Budi Muljono mengatakan, pencapaian pertumbuhan kinerja penjualan di tiga bulan pertama tidak terlepas dari kemampuan KINO dalam beradaptasi dengan kondisi pasar. 

Maksudnya, kondisi pasar di kuartal I-2020 bukannya tanpa tantangan, terlebih setelah adanya pendemi virus corona yang melanda Indonesia. Hal ini membuat penjualan barang konsumer seperti kosmetik cenderung tersendat khususnya di akhir kuartal pertama. 


Baca Juga: Penjualan naik, laba Kino Indonesia (KINO) di kuartal I 2020 justru turun 80%

Beruntung, KINO mampu memetakan mana-mana saja produk yang memiliki permintaan stabil dan berpotensi mengalami kenaikan. Lebih lanjut Budi bilang, hal ini bisa dijumpai pada beberapa kategori produk seperti hand sanitizer, hand wash, minuman kesehatan, dan sebagainya. 

Produk-produk ini selanjutnya menjadi fokus KINO dalam mengerek kinerja penjualannya di tiga bulan pertama tahun ini.

“Dengan keadaan di mana ada potensi penurunan beberapa kategori dan karena permintaan permintaan hand sanitizer naik, kami mengalihkan fokus untuk lebih meningkatkan produksi dan penjualan hand sanitizer,” kata Budi kepada Kontan.co.id pada Kamis (30/4).

Editor: Anna Suci Perwitasari