Ini Strategi Hero Supermarket (HERO) untuk Kejar Kinerja Positif di Tahun 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ritel PT Hero Supermarket Tbk (HERO) meyakini dapat mencetak pertumbuhan kinerja pada tahun 2024. Di mana, HERO Group menargetkan, peningkatan pertumbuhan penjualan yang signifikan dari tahun sebelumnya melalui inovasi dan pengembangan strategi bisnis.

Melansir laporan keuangan, HERO mencatatkan kenaikan pendapatan di sepanjang tahun 2023. Pendapatan HERO naik 14,89% menjadi Rp 5,09 triliun dibandingkan pendapatan tahun 2022 sebesar Rp 4,43 triliun. 

Beban pokok HERO juga alami kenaikan menjadi Rp 3,07 triliun atau naik sebanyak 19,25% dibandingkan beban pokok pada tahun 2022 sebesar Rp 2,58 triliun. Alhasil laba kotor HERO naik menjadi Rp 2,01 triliun atau meningkat sebanyak 8,82% dibandingkan periode tahun lalu sebesar Rp 1,85 triliun.


Sementara total ekuitas HERO per 31 Desember 2023 melesat sebanyak 51,37% menjadi Rp 1,420 triliun dibandingkan ekuitas HERO per 31 Desember 2022 sebesar Rp 938,13 miliar.

Head of Corporate and Consumer Affairs Hero Supermarket Diky Risbianto mengatakan, HERO Group telah mengantisipasi variabilitas yang berkelanjutan dalam pola permintaan di seluruh unit bisnis dan optimistis bahwa peningkatan segmen kesehatan dan kecantikan akan terus berlanjut di tahun 2024.

Baca Juga: Hero Supermarket (HERO) Raih Kenaikan Pendapatan Sebesar 14,89% pada 2023

Diky menyampaikan, HERO juga tengah menjalankan berbagai inisiatif untuk meningkatkan produktivitas penjualan toko dan kinerja keuangan guna mencapai pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka menengah hingga panjang.

"Dalam upaya peningkatan pertumbuhan bisnis yang lebih baik, HERO Group akan memperluas jangkauan produk dan operasinya. HERO Group terus memperkuat proposisi nilai dengan optimalisasi rangkaian produk dan pengembangan format toko baru," kata Diky kepada Kontan, Jumat (15/3).

Namun sayangnya, Diky belum bisa merincikan secara detail soal rencana ekspansi pembukaan toko di tahun 2024. 

"Terkait informasi kota yang akan kami sasar untuk saat ini belum dapat kami sampaikan detailnya, namun kami berharap dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati layanan dan produk yang ditawarkan HERO Group," ujarnya.

Adapun terkait dengan belanja modal alias capital expenditure (capex), Diky tidak dapat membagikan informasinya secara detail. Namun yang terang, HERO Group melalui Guardian akan melakukan penambahan gerai sebagai bagian dari optimalisasi capex dan investasi tahun ini.

 
HERO Chart by TradingView

Di sisi lain, Diky menjelaskan bahwa pihaknya optimistis momentum Ramadan dapat menjadi katalis positif seiring dengan pertumbuhan belanja masyarakat. Pihaknya juga terus bekerja sama dengan beragam pemasok untuk memastikan pasokan produk tetap stabil.

"HERO Group juga telah menyiapkan beragam promo Ramadan menarik untuk memanjakan seluruh pelanggan setia kami, di mana informasi lebih lanjut terkait promo tersebut dapat langsung diakses melalui laman instagram Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA Indonesia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari