MOMSMONEY.ID - Dalam dunia eCommerce yang semakin kompetitif, memaksimalkan iklan online adalah kunci untuk meraih kesuksesan bisnis. Rika Yeo, LazStar Trainer Lazada, berbagi tips praktis bagi para penjual untuk mengoptimalkan iklan mereka dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Berikut adalah tips-tips utama yang perlu diperhatikan:
1. Pastikan Produk Sudah Siap Jual Sebelum beriklan, pastikan produk yang dijual memiliki halaman yang menarik dengan judul yang jelas, foto dan video berkualitas, deskripsi detail, dan harga yang kompetitif. “Jangan terburu-buru beriklan sebelum halaman produk benar-benar siap. Jangan seperti membuka toko, tapi etalasenya masih kosong. Pastikan produk yang ditampilkan menarik agar calon pembeli membuka, membeli, dan datang kembali,” ujar Rika. Baca Juga: ROI Dana Pensiun Lesu, Ini Strategi BCA untuk Kerek Tingkat Pengembalian Investasi 2. Pantau dan Optimasi Iklan Secara Rutin Setelah iklan berjalan, lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat kinerjanya. Rika menyarankan agar penjual melakukan optimasi setiap satu hingga dua minggu sekali. Ini penting untuk mengetahui apa yang berhasil dan memperbaiki kesalahan, seperti penentuan berat produk yang bisa mempengaruhi biaya pengiriman dan konversi. “Idealnya, penjual melakukan optimasi iklan setiap satu hingga dua minggu sekali supaya tahu, strategi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil. Kesalahan pada produk, harga, atau pengaturan iklan dapat diketahui dengan optimasi secara berkala,” jelas Rika. 3. Gunakan Data untuk Merancang Strategi Iklan yang Efektif Rika mengingatkan pentingnya memahami audiens melalui data untuk merancang iklan yang tepat sasaran. “Data adalah kunci utama. Selami data untuk memahami audiens mana yang paling aktif merespons iklan. Dari sana, penjual dapat merancang strategi iklan yang efektif, tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia,” jelasnya. Baca Juga: Fluktuasi Harga Minyak, Ini Strategi PGN Kendalikan Volume Gas Jual 4. Jangan Hanya Bergantung pada Iklan Berbayar Selain iklan berbayar, penting bagi penjual untuk membangun basis pelanggan setia. Penjual bisa memanfaatkan strategi organik seperti aktif di media sosial untuk memperluas jangkauan pasar. “Iklan berfungsi sebagai booster untuk memperkenalkan produk dan tugas penjual untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan agar pelanggan kembali tanpa perlu terus-menerus dirayu iklan,” kata Rika. 5. Optimalkan Waktu dan Promo yang Tepat