KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Terlepas getolnya melakukan ekspansi produk di luar negeri, sejumlah analis menilai bahwa strategi pengembangan bisnis masih terus dilakukan. Seperti pemasaran agar brand kuat di pasar dan menjangkau A&P serta ASP. “Meski agresif ekspor, perusahaan tetap harus berhati-hati karena beberapa negara ASEAN sedang mempertimbangkan peraturan tarif mereka. Hal ini dapat menimbulkan penurunan laba,” imbuh Elbert Setiadharma, analis Indopremier Sekuritas dalam risetnya 15 Februari 2019. Selanjutnya, Elbert juga menyarankan agar perusahaan memperhatikan pengeluaran A&P yang meningkat dan mulai menurun tahun 2019. Dia menilai pengeluaran A&P sembilan bulan lalu mencapai 14,7% dari penjualan. Angka ini lebih tinggi dibanding lima tahun lalu sebesar 8,3%.
Ini strategi kinerja MYOR untuk bisa tumbuh tahun ini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Terlepas getolnya melakukan ekspansi produk di luar negeri, sejumlah analis menilai bahwa strategi pengembangan bisnis masih terus dilakukan. Seperti pemasaran agar brand kuat di pasar dan menjangkau A&P serta ASP. “Meski agresif ekspor, perusahaan tetap harus berhati-hati karena beberapa negara ASEAN sedang mempertimbangkan peraturan tarif mereka. Hal ini dapat menimbulkan penurunan laba,” imbuh Elbert Setiadharma, analis Indopremier Sekuritas dalam risetnya 15 Februari 2019. Selanjutnya, Elbert juga menyarankan agar perusahaan memperhatikan pengeluaran A&P yang meningkat dan mulai menurun tahun 2019. Dia menilai pengeluaran A&P sembilan bulan lalu mencapai 14,7% dari penjualan. Angka ini lebih tinggi dibanding lima tahun lalu sebesar 8,3%.