Ini strategi Merpati untuk menambah penumpang



JAKARTA. PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) menargetkan tingkat keterisian penumpang alias load factor maskapai penerbangan Merpati bisa mencapai 90% sampai kuartal IV. Hl ini disampaikan oleh Herry Saptanto, Sekretaris Perusahaan MNA, kepada KONTAN di Jakarta, Rabu (24/10).

Maskapai yang termasuk ke dalam maskapai pelat merah ini menyebutkan, target tingkat keterisian penumpang kuartal IV itu naik 15% dari tingkat keterisian penumpang tahun lalu yang masih sebesar 75%. "Kalau selama Januari-September, load factor kami masih 85%," jelas Herry.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu upaya yang perseroan lakukan adalah, bekerjasama dengan bank dengan cara memberi diskon kepada nasabah bank tersebut, memberikan harga promo dan menyasar rute-rute khusus wisata.


"Sebagai contoh, dalam rentang Juli-Oktober ini, kami telah bekerjasama dengan 8 bank nasional dan dua bank daerah dalam hal penjualan tiket," tambah Herry.

Selain itu, Merpati juga sedang mulai gencar menggarap rute terbang ke daerah tujuan wisata tingkat di kabupaten dan kecamatan, contohnya rute Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekadar informasi saja, Merpati saat ini telah mengangkut 3 juta penumpang selama Januari-September 2012. Jumlah penumpang itu naik 1 juta penumpang dari realisasi jumlah penumpang pada waktu yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri