KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peritel dengan format minimarket masih menjadi salah satu yang paling dikenal di Indonesia, berdasarkan studi Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brand, tiga perusahaan di segmen minimarket yakni Indomaret, Alfamart dan Alfamidi menjadi bagian dari merek yang paling dikenal di domestik. Dalam riset BrandZ, format ritel merupakan salah satu yang memiliki performa yang baik dengan pertumbuhan total value dari merek ritel yang tumbuh 8% menjadi US$ 2,9 miliar tahun ini. Hanya saja ada disparitas dari gap pertumbuhan di segmen ritel dimana brand yang performanya paling baik meningkat 47% dan terlemah justru tergerus 31%. PT Indomarco Prismatama yang mengelola gerai Indomaret menyampaikan bahwa alasan mengapa brandnya merupakan salah satu yang powerfull karena strategi ekspansi yang dilakukan. Sejak 30 tahun beroperasi, perusahaan berfokus untuk meningkatkan jejaring gerai untuk mengejar pertumbuhan.
Ini strategi minimarket bersaing jadi merek paling kuat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peritel dengan format minimarket masih menjadi salah satu yang paling dikenal di Indonesia, berdasarkan studi Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brand, tiga perusahaan di segmen minimarket yakni Indomaret, Alfamart dan Alfamidi menjadi bagian dari merek yang paling dikenal di domestik. Dalam riset BrandZ, format ritel merupakan salah satu yang memiliki performa yang baik dengan pertumbuhan total value dari merek ritel yang tumbuh 8% menjadi US$ 2,9 miliar tahun ini. Hanya saja ada disparitas dari gap pertumbuhan di segmen ritel dimana brand yang performanya paling baik meningkat 47% dan terlemah justru tergerus 31%. PT Indomarco Prismatama yang mengelola gerai Indomaret menyampaikan bahwa alasan mengapa brandnya merupakan salah satu yang powerfull karena strategi ekspansi yang dilakukan. Sejak 30 tahun beroperasi, perusahaan berfokus untuk meningkatkan jejaring gerai untuk mengejar pertumbuhan.