KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Taspen (Persero) berupaya melakukan inovasi dalam meningkatkan layanan bagi aparatur sipil negara (ASN) aktif, pensiunan dan pejabat negara di tenga era digitalisasi. Beragam inovasi yang sudah dihadirkan, antara lain
digital based service, layanan klaim otomatis, layanan kunjungan nasabah, hingga layanan klaim satu jam. Memasuki tahun 2023, Taspen meluncurkan digital service apps yang mengintegrasikan layanan digiotal Taspen, seperto ontentikasi digital dan pengajuan klaim secara digital melalui Taspen
One Hour Online Services (TOOS).
Per Maret 2023, Taspen tercatat telah melayani 6,78 juta peserta yang tersebar di 57 kantor cabang, 44 mitra bayar dan 16.985 titik layanan. Inovasi-inovasi dilakukan merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan, disamping komitmennya dalam mengimplementasi prinsip AKHLAK dalam menjalankan operasional dan rencana bisnis. Untuk meningkatkan implementasi core value AKHLAK, Taspen menggelar Taspen Culture Festival. Perhelatan ini membahas peran AKHLAK dalam peningkatan kinerja perusahaan yang berkelanjutan serta penerapan Respectful Workplace Policy di lingkungan Taspen Group. Direktur Utama Taspen, ANS Kosasih mengatakan, perusahaann berharap insan Taspen terus meningkatkan kinerja dengan menerapkan nilai-nilai utama dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif dalam setiap pekerjaannya. "Berdasarkan hasil survei secara KPI korporasi, nilai indeks Taspen saat ini mencapai 97,71% (high performance) dan menjadi bukti aktif Taspen dalam menerapkan core values AKHLAK," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (4/7). Dia menambahkan, Taspen mendorong seluruh pegawai untuk selalu mengedepankan sikap saling menghormati, bebas dari diskriminasi, pengucilan atau pembatasan, perundungan dan pelecehan serta bentuk kekerasan lainnya. Seiring dengan langkah-langkah yang dilakukan, Taspen Group berhasil menorehkan kinerja yang baik. Anak usahanya, Taspen Life, misalnya meruap pendapatan Rp 86,39 miliar sepanjang 2022, meningkat 37% year on year (yoy).
Kinerja positif perusahaan juga didasarkan atas capaian premi bruto sebesar Rp 1,45 triliun, atau naik 14,69% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,26 triliun. Adapun jumlah pendapatan premi neto Taspen Life juga mengalami kenaikan 14,3% menjadi Rp 1,44 triliun di tahun 2022, jika dibandingkan tahun 2021 senilai Rp 1,26 triliun. Sementara itu, beban klaim dan manfaat perusahaan terlihat naik sepanjang 2022 mencapai 5% menjadi Rp 1,49 triliun, jika dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 1,42 triliun. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada total aset Taspen Life. Tercatat, naik 9,63% dari Rp 6,02 triliun pada 2021 menjadi Rp 6,60 triliun pada 2022. Peningkatan aset perusahaan didorong oleh investasi yang naik 11% YoY menjadi Rp 6,34 triliun. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Dina Hutauruk