Ini syarat konvensi capres di Demokrat



JAKARTA. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang  Yudhoyono (SBY) mengatakan, Partai Demokrat (PD) serius ingin mengadakan konvensi calon presiden dari partainya. SBY menyampaikan tujuh aturan pokok konvensi capres PD.

Pertama adalah, sistem konvensi sifatnya semi terbuka. Artinya peserta konvensi bisa berasal dari kader PD dan non kader PD. Dengan sistem ini, maka terbuka kesempatan bagi tokoh-tokoh masyarakat yang ingin menjadi capres tapi belum memiliki partai.

Kedua, dibentuk komite konvensi yang bertugas menyelenggarakan kegiatan seleksi dan konvensi. Pimpinan dan keanggotaan komite konvensi merupakan paduan tokoh-tokoh dari PD dan tokoh-tokoh non PD atau independen.


"Nantinya komitmen konvensi bertanggung jawab kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat," ujar SBY dalam konferensi pers di Hotel Dharmawangsa, Minggu (7/7).

Ketiga, peserta konvensi harus memenuhi syarat yang dilakukan komite konvensi. Komite akan melakukan penjaringan kepada mereka yang cocok atau sebagai kandidat. Komite konvensi juga berwenang memberikan sanksi kepada kandidat yang melakukan pelanggaran. "Jadi yang aktif adalah komite konvensi, saya kira ini fair," tambah SBY.

Keempat, kegiatan dan proses konvensi harus melalui seleksi seperti pengenalan kandidat kepada masyarakat oleh komite konvensi. Wawancara media yang diatur oleh komite konvensi, debat antar kandidat yang diselenggarakan oleh komite konvensi.

Kelima adalah, waktu dan tahapan konvensi berlangsung selama delapan bulan mulai September 2013 sampai April 2014 dan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama September-Desember 2013, semua kegiatan dilaksanakan kecuali debat antar kandidat. Tahap kedua pada Januari-April 2014, semua kegiatan dilaksanakan termasuk debat antar kandidat. "Komite konvensi akan menentukan nama peserta konvensi pada akhir Agustus 2013," ujar SBY

Keenam, peserta konvensi atau kandidat tidak di pungut biaya selama proses pemilihan berlangsung. Menurut SBY, dalam semua kegiatan yang diselenggarakan konvensi, biaya ditanggung oleh panitia konvensi.

SBY juga menjamin bahwa biaya konvensi berasal dari sumber-sumber yang sah dan halal. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut sah dan halal seperti apa yang dimaksud.

Ketujuh adalah, pemenang konvensi akan ditentukan selambat-lambatnya pada bulan Mei 2014 atau pasca pemilu legislatif dan sebelum pemilihan calon presiden dan wakil presiden. SBY menekankan, pemenang konvensi berdasarkan hasil survei bukan ditentukan oleh kader PD saja, tapi berdasarkan hasil survei yang dilakukan dua sampai tiga kali lembaga survei independen. "Jadi rakyat juga ikut dilibatkan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri