Ini tiga alasan peritel asing serbu Indonesia



JAKARTA.  Baru-baru investor asing makin gemar melirik bisnis ritel di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Yang terbaru adalah, AEON Mall, raksasa ritel asal Jepang, yang memutuskan membuka 20 pusat perbelanjaan dengan cara menggandeng PT Sinar Mas Land.

Soichi Okazaki, Chief Executive Officer (CEO) AEON Mall mengatakan, setidaknya ada 3 alasan pihak AEON Mall melirik peluang bisnis di Indonesia. " 3 tersebut yang menyebabkan Indonesia jadi pasar menjanjikan," ujar Okazaki di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (8/3).

Berikut alasan bos AEON Mall mendirikan bisnis di Indonesia:


Pertama, pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang stabil dalam beberapa tahun ke belakangan, yang ada di atas rata-rata 6%. "Pertumbuhan domestik bruto Jakarta terus stabil. Perkembangan infrastruktur yang ada juga memacu pertumbuhan bisnis," ujarnya.

Kedua, berkembangnya jumlah masyarakat kelas menengah di Jakarta. Okazaki bilang, kelas menengah di Jakarta tahun 2010 tercatat sebanyak 35%, dan akan menjadi 51% tahun 2020. "Kelas menengah di Jakarta itu sesuai dengan segmen pasar kami," tandasnya.

Ketiga, Pertumbuhan populasi keluarga muda di Jakarta juga kian banyak. Dia bilang, penduduk Jakarta yang berumur 20 - 39 tahun tercatat sebanyak 31%. "Keluarga muda itu akan tumbuh di wilayah sub-urban dan itu juga menjadi pasar kami," jelasnya.

Okazaki mengaku, dirinya tak khawatir terhadap risiko investasinya yang akan berhadapan dengan pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan presiden yang akan berlangsung tahun 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri