Ini tiga calon menteri Jokowi jagoan IndoStrategi



JAKARTA. Lembaga riset IndoStrategi menyodorkan tiga nama untuk menduduki tiga posisi kementerian bagi kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Seperti diketahui saat ini Jokowi-JK tengah sibuk menyusun kabinet pemerintahan mereka untuk lima tahun mendatang.

Menurut IndoStrategi, setidaknya ada tiga kementerian yang dianggap mampu mengentaskan berbagai persoalan kebangsaan. Jokowi-JK perlu memiliki figur-figur yang kompeten untuk menduduki tiga kementerian strategis yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, kami (IndoStrategi) menjagokan Rokhmin Dahuri. Dia cocok karena punya pengetahuan luas di bidangnya. Dia pernah juga menempati jabatan menteri KKP di Kabinet Gotong Royong," ungkap Direktur IndoStrategi Andar Nubowo, Selasa (9/9).


Untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, Andar menjagokan tokoh dari PP Muhammadiyah, yaitu Abdul Munir Mulkhan. "Munir Mulkhan pantas menduduki jabatan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga. Dia intelektual muslim yang melahirkan puluhan karya, konsisten di bidang pendidikan, dan tak pernah bersentuhan dengan korupsi," kata Andar.

Lebih lanjut untuk Kementerian Kesehatan, IndoStrategi menjagokan mantan Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam. Untuk diketahui, IndoStrategi memunculkan, tiga nama itu dari hasil riset desain Kabinet 2014-2019, mulai 5 Agustus hingga 5 September 2014.

Riset itu menggunakan metode penggalian data berupa biografi dari tokoh potensial yang muncul di publik, wawancara 30 pakar dari berbagai bidang, serta focus group discussion tiga kali dengan para pakar dan meta analisa data. (Theresia Felisiani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto