KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengemasan adalah hal penting dalam bisnis oleh-oleh untuk menarik perhatian konsumen. Selain brand, produk harus dibuat menarik dan unik. Namun, justru pelaku usaha kecil dan menengah kerap mengalami kendala di bagian pengemasan. Desain kemasan yang kurang menarik, produk yang kurang unik, bahan kemasan yang kurang tepat, serta terbatasnya sumber informasi mengenai kelengkapan legalitas izin usaha menjadi kendala bagi pelaku usaha oleh-oleh. Marvin Ade Santoso, Kreator Kreavi dan Kontributor Project Tata Rupa menyebut, ada beberapa yang bisa dilakukan pebisnis buah tangan kuliner ini. "Pelaku industri perlu memperhatikan unsur kemasan oleh-oleh seperti kenyamanan dalam penggunaan, harga murah, dan tahan lama, desain bisa mengkomunikasikan keunggulan produk, dan membuat desain sesuai segmentasi," kata Marvin dalam Program Incubator Camp Unilever Food Solutions di Jakarta, Selasa (10/4).
Ini tips agar kemasan cocok untuk bisnis oleh-oleh
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengemasan adalah hal penting dalam bisnis oleh-oleh untuk menarik perhatian konsumen. Selain brand, produk harus dibuat menarik dan unik. Namun, justru pelaku usaha kecil dan menengah kerap mengalami kendala di bagian pengemasan. Desain kemasan yang kurang menarik, produk yang kurang unik, bahan kemasan yang kurang tepat, serta terbatasnya sumber informasi mengenai kelengkapan legalitas izin usaha menjadi kendala bagi pelaku usaha oleh-oleh. Marvin Ade Santoso, Kreator Kreavi dan Kontributor Project Tata Rupa menyebut, ada beberapa yang bisa dilakukan pebisnis buah tangan kuliner ini. "Pelaku industri perlu memperhatikan unsur kemasan oleh-oleh seperti kenyamanan dalam penggunaan, harga murah, dan tahan lama, desain bisa mengkomunikasikan keunggulan produk, dan membuat desain sesuai segmentasi," kata Marvin dalam Program Incubator Camp Unilever Food Solutions di Jakarta, Selasa (10/4).