Ini tren gadget tahun ini



JAKARTA. Tahun 2013 baru saja tiba. Pelaku industri gadget mulai melirik potensi pasar dengan produk barunya yang akan dihadirkan di tahun berjuluk Ular Air ini.

Namun, bagi Anda yang berniat membeli gadget tahun ini, sebaiknya mengetahui tren gadget terlebih dahulu. Baik gadget berupa ponsel maupun gadget berupa telepon seluler (ponsel) atau gadget berupa komputer praktis seperti tablet.

Nah, apa saja tren gadget tahun ini? Berikut penjelasan dari Asosiasi pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) yang disampaikan kepada KONTAN di Jakarta, Senin (7/1).


"Gadget sistem operasi android masih akan menjadi tren tahun ini," kata Rudi Rusdiah, Sekretaris Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo).

Namun begitu, ada pilihan lain di 2013, yakni ponsel berbasis Windows Phone 8 yang telah hadir di Indonesia. Namun, kehadiran ponsel dan tablet yang menggunakan produk Microsoft itu, diramalkan tak sepopuler android.

Menurut Rudi, keunggulan dari ponsel yang menggunakan sistem android adalah, sistemnya yang open source, di mana pengguna bisa download banyak aplikasi secara gratis."Sedangkan di ponsel Windows Phone 8 ada lisensinya dan itu bayar. Maka itu android akan lebih populer," tandas Rudi.

Untuk segmen komputer, akan produk baru yang menggunakan produk layar sentuh di berbagai segmen. Apalagi, setelah masuknya sistem operasi Windows 8 yang. Namun, penggunaan komputer layar sentuh diproyeksikan belum bisa mengejar penggunaan komputer atau notebook biasa.

"Mungkin sebagian konsumen akan pindah ke layar sentuh, tetapi memang PC ataupun notebook biasa juga masih akan diminati," tambah Rudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri