Inilah 4 Cara Kirim Foto dari iPhone ke HP Android Tanpa Bluetooth



KONTAN.CO.ID - Cara kirim foto dari iPhone ke Android via Aplikasi hingga Email. Pengguna iPhone mengalami kendala saat ingin kirim foto atau file ke ponsel Android.

iPhone memiliki beberapa keunggulan seperti AirDrops yang bisa membagikan file ke ponsel iOS lainnya. Nah, selain itu fitur Bluetooth pada iPhone kerap tidak cocok dengan beberapa ponsel Android.

Bagi kedua pengguna ponsel tersebut wajib mengetahui cara kirim foto dari iPhone ke Android dengan mudah.


Baca Juga: Ini 5 Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke HP atau Laptop untuk Pemula

Kenapa Bluetooth iPhone dan Android Berbeda?

Mengirim foto dari iPhone ke Android melalui Bluetooth tidak bisa dilakukan secara langsung. Ini karena iPhone dan Android menggunakan protokol Bluetooth yang berbeda dan iPhone membatasi berbagi file menggunakan Bluetooth untuk perangkat Apple saja (seperti AirDrop).

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kesulitan dalam mengirim file foto dari iPhone ke Android, di antaranya:

  • Perbedaan teknologi transfer: Beberapa teknologi transfer seperti AirDrop hanya tersedia pada perangkat Apple, sehingga sulit digunakan pada perangkat Android.
  • Masalah koneksi: Jika kedua perangkat tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, atau kualitas koneksi buruk, maka proses transfer file dapat terhambat.
  • Aplikasi transfer file yang tidak kompatibel: Beberapa aplikasi transfer file mungkin tidak kompatibel dengan perangkat Anda, sehingga menyebabkan kesulitan dalam mengirim file.
Namun, langkah dan cara kirim foto dari iPhone ke Android berikut ini bisa jadi alternatif pengguna. Adapun, pengguna bisa memanfaatkan layanan email maupun media sosial.

Selain itu, beberapa aplikasi turut memudahkan pengguna yang memiliki perbedaan sistem operasi berikut.

Berikut ini beberapa cara kirim foto dari iPhone ke Android yang praktis untuk dilakukan.

Baca Juga: 3 Cara Share File Besar di WhatsApp dengan Praktis

Cara kirim Foto dari iPhone ke Android

Langkah berikut memudahkan pengguna untuk berbagi tanpa mengurangi ukuran file.

1. Mengirim Foto dari iPhone ke Android melalui Media Sosial

Pengguna dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau Facebook Messenger untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Agar foto tetap dalam ukuran aslinya tanpa kompresi, pengguna bisa mengirimnya dalam format dokumen melalui WhatsApp. Ini memungkinkan penerima untuk mengunduh foto dengan kualitas penuh.

2. Mengirim Foto dari iPhone ke Android melalui Email

Selain melalui media sosial, pengguna juga bisa memanfaatkan email untuk mengirim foto. Kapasitas pengiriman melalui email mencapai 25 MB untuk layanan Google, yang juga menyediakan penyimpanan tambahan di Google Drive.

Pengguna dapat mengirim banyak foto sekaligus dalam satu folder untuk mempermudah akses. Layanan email Apple (iCloud) sendiri mendukung hingga 20 MB.

3. Mengirim Foto dari iPhone ke Android melalui Laptop

Cara lain adalah menggunakan laptop sebagai perantara. Hubungkan iPhone ke laptop untuk memindahkan file foto, lalu transfer ke Android. Metode ini tidak memerlukan koneksi internet, sehingga bisa dilakukan secara offline.

4. Mengirim Foto dari iPhone ke Android melalui ShareIt

Pengguna dapat mengunduh aplikasi ShareIt di kedua perangkat, iPhone dan Android. Setelah login, sambungkan kedua perangkat melalui koneksi WiFi. Pada iPhone, pilih foto yang ingin dikirim melalui menu "Kirim", kemudian di Android pilih "Connect to iOS" untuk menghubungkan. Tunggu hingga file terkirim.

Demikian beberapa cara kirim foto dari iPhone ke Android dengan Aplikasi yang praktis dilakukan.

Selanjutnya: Ini 5 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Login dan Buka Aplikasi

Menarik Dibaca: Anti Ribet! Begini Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News